Kamis 15 Jun 2017 22:15 WIB

Ini Penampakan Tenda Baru Jamaah di Arafah

Rep: ani nursalikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Bagian dalam tenda baru jamaah haji 2017 di Arafah yang dilengkapi dengan karpet baru, lampu LED, kipas dan pendingin udara.
Foto: dok. Kemenag
Bagian dalam tenda baru jamaah haji 2017 di Arafah yang dilengkapi dengan karpet baru, lampu LED, kipas dan pendingin udara.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji Indonesia tahun ini, 1438 hijriyah menikmati tenda yang lebih nyaman saat puncak ibadah haji, wukuf di padang Arafah. Penggantian tenda lama dengan tenda baru tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam 100 tahun.

Lantas, seperti apa penampakan tenda tersebut? Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri ilham Lubis mengatakan setiap tenda dilengkapi dengan satu unit pendingin udara (air cooler) dan dua unit kipas embun (mist fan).

"Ini dalam rangka peningkatan pelayanan bagi jamaah haji," katanya saat Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (15/6).

Seluruh karpet di tenda juga diganti dengan yang baru. Selain itu, agar jamaah nyaman membaca Alquran dipasang lampu LED.

Sri mengatakan setiap dua maktab atau pemondokan tersedia satu unit genset sebagai antisipasi jika terdapat kelebihan beban listrik. Sri menambahkan tenda tersebut terbuat dari bahan PVC berkualitas tinggi anti-api yang dibuat perusahaan dari Uni Emirat Arab.

Saat membuka Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi, Selasa lalu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tenda itu menggantikan tenda sebelumnya yang lusuh, rangka besi yang berkarat dan kerap ambruk saat terkena terpaan angin kencang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement