Embarkasi Makassar Siap Berangkatkan 15.911 Calon Haji

Jumat , 21 Jul 2017, 08:28 WIB Redaktur : Dwi Murdaningsih
Seorang jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Makassar menuju ke bus saat tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (29/9).
Seorang jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Makassar menuju ke bus saat tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (29/9).

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Embarkasi Hasanuddin, Makassar pada 2017 siap memberangkatkan 15.911 orang jamaah calon haji (JCH) dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Pada musim haji 2017, kuota jamaah kembali normal yakni 35 kelompok terbang (kloter). Pada tahun lalu hanya ada 27 kloter.

 

Terkait

Seksi ATPH Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Saifuddin mengatakan dengan posisi 35 kloter itu sebanyak 16 kloter di antaranya merupakan JCH asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Sedang tahun lalu dengan 27 kloter, sebanyak 13 kloter di antaranya adalah JCH Sulsel. Sementara dari 15.911 orang JCH Embarkasi Hasanuddin, Makassar 2017, lanjut dia, terdapat 7.296 orang di antaranya berasal dari Sulsel.

Mengenai persiapan pihak Kanwil Kemenag Sulsel selaku penyelenggara haji, diakui sudah dilakukan dengan maksimal. "Persiapan yang kami lakukan di antaranya peresmian 'mock up' pesawat Garuda oleh Menteri Agama didampingi Wagub Sulsel pekan lalu," kata Saifuddin.

Simulasi 'mock up' pesawat akan dilakukan pada JCH sebagai rangkaian dari kegiatan manasik. Melalui simulasi itu diharapkan dapat membantu para JCH mengenal dan memahami fasilitas pesawat, sehingga pada saat naik pesawat sudah tidak canggung lagi.

"Ini tertutama bagi JCH kita yang lansia, biasanya sepanjang perjalan pesawat, terpaksa menahan buang air kecil, karena tidak berani ke toilet pesawat yang menggunakan tombol-tombol," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini