Selasa 25 Jul 2017 08:32 WIB

299 Petugas Haji Indonesia Dilepas Hari Ini

Rep: Ani Nursalikah/Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dilepas menuju Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi (25/7).
Foto: Ani Nursalikah/Republika
Sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dilepas menuju Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi (25/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dilepas menuju Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi (25/7). Dalam acara pelepasan ini, Sekretaris Kementerian Agama sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nur Syam menjadi inspektur upacara. Kemudian, para petugas menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Direkur Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Muhajir Yanis mengatakan petugas yang berangkat pada hari ini merupakan petugas yang bertugas di Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Bandara.

Dari 299 petugas, 192 berasal dari Kemenag dan 107 dari Kementerian Kesehatan. Mereka akan menaiki penerbangan komersil GA 980 pada pukul 11.50 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) pada pukul 17.30 waktu Saudi. "Petugas daerah kerja Madinah dan daerah airport akan bertugas selama 72 hari mulai dari penerimaan jamaah haji sampai proses pemulangan," ucapnya.

Selanjutnya, mereka akan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah. Setelah itu ke Madinah untuk persiapan menerima jamaah haji gelombang pertama. Jamaah haji Indonesia gelombang pertama berangkat pada 28 Juli 2017.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nur Syam menyampaikan pesan kepada petugas haji agar tetap menjaga kesehatan selama melayani jamaah haji. "Mudah-mudahan harapan kita semua saudara-saudara tetap menjaga itu. Karena salah satu tugas petugas haji yaitu menjaga kesehatan," kata Nur Syam.

Selain itu, Nur Syam juga mengingatkan agar para petugas haji tetap menjaga tiga J. Yaitu jaga kepribadian, jaga kebersamaan, dan juga jaga mutu pelayanan haji Indonesia. "Saya sungguh berharap untuk menjaga mutu pelayanan jamaah haji Indonesia karena itu salah satu yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement