Rabu 26 Jul 2017 14:14 WIB

Pekanbaru Berikan Bantuan Dana Domestik Haji

jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
jamaah haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PEKANBARU -- Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru menyatakan segera membayarkan dana bantuan domestik haji Rp 650 ribu per orang pada tahun 1438 H/2017 M. "Uangnya akan kami bagikan saat acara pelepasan keberangkatan di Masjid Annur," kata Kepala Bagian Kesra Kota Pekanbaru, Idrus, Rabu (26/7).

Idrus menjelaskan, dana bantuan domestik haji ini merupakan anggaran yang disediakan Pemkot Pekanbaru, diambil dari APBD tiap tahunnya. Dana tersebut guna meringankan biaya transportasi Jamaah Calon Haji asal Pekanbaru saat menuju embarkasi Batam. "Ini diberikan meringankan ongkos haji dari asal ke embarkasi, sebab kami masih lewat Batam," ujarnya.

Ia menyatakan, besaran dana ini disesuaikan dengan kemampuan daerah. "Ini bantuan domestik pertama setelah payung hukumnya ada," katanya. Dana itu diberikan untuk transportasi Rp 600 ribu dan biaya penginapan di Batam Rp 50 ribu. "Jumlah Calhaj asal Pekanbaru yang mendapat dana domestik adalah 1.085," katanya.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi telah melepas sebanyak 83 orang jamaah calon haji 1438 H dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Penerintah Kota (Pemko), Rabu (26/7) di kediaman wali kota Jalan A Yani.

"Mudah-mudahan Calhaj dilingkungan ASN Pekanbaru ini diberikan keselamatan pergi dan pulang," kata Ayat usai pelepasan kepada wartawan.

Ayat berharap mereka yang berangkat bisa menjalankan ibadah haji sebaik-baiknya sehingga mendapat haji yang mabrur. Karena itu kami berpesan kepada mereka agar selalu menjaga keiklasan, sungguh-sungguh, jaga kesehatan, kesatuan, dan sabar. "Karena ada jutaan orang dan harus antri makanya sabar," ujarnya.

Selain itu, Ayat juga meminta para jamaah asal Kota Pekanbaru agar mendoakan kota ini dan semua penduduknya serta pemerintahannya. "Doakan kota kita agar aman, tentram dan terus maju menuju smart city madani," harapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement