Senin 31 Jul 2017 11:03 WIB

Masjidil Haram akan Punya Kubah Geser Gagasan ‘Apple’

Atap PTC sudah dipergunakan sebagai atas stasiun kereta api Madinah.
Foto: saudigazette.com
Atap PTC sudah dipergunakan sebagai atas stasiun kereta api Madinah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sebuah perusahaan yang berbasis di Dubai mengungkapkan kepada media Arab Saudi Al Arabiya bahwa mereka tengah merancang proyek baru berupa kubah geser terbesar di dunia di Makkah.

Kubah geser itu terbuat dari bahan Premier Composite Technologies (PTC). Dan sebagai penggagas teknologinya adalah dari kantor Apple di California Amerika Serikat.

Seperti dilansir saudigazette.com kubah geser itu nantinya akan berada di atas halaman dalam yang besar di Masjidil Haram Kubahnya berukuran 38 meter dan memakai  sistem bergerak, dengan susunan dua lantai dari kubah bawah dan kelongsong bagian atas. Ia bisa meluncur ke satu sisi sehingga halaman kemudian bisa tanpa atap, dan sangat mirip dengan bangunan yang dibangun di Madinah.

"Pada malam hari Anda biasanya memiliki suhu yang sangat menyenangkan untuk memungkinkan ventilasi alami dan bukan AC," Arsitek Kepala di PCT Gabi Bohm mengatakan saat menjelaskan tujuan kubah tersebut.

Atap dengan memakai bahan PCT saat ini juga telah dipakai dalam pembangunan  Stasiun Madinah, sebagai bagian dari jalur rel kecepatan tinggi Arab Saudi yang menghubungkan kota Nabi itu dengan Jeddah dan Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement