Senin 07 Aug 2017 17:36 WIB

Ciamis Periksa Kelaikan Bus Pengantar Calon Haji

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Ilham Tirta
Jamaah calon haji di bus (ilustrasi).
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Jamaah calon haji di bus (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, CIAMIS -- Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis memastikan kelaikan kendaraan usai dilakukan ramp check terhadap 12 armada angkutan yang akan memberangkatkan jamaah calon haji asal Kabupaten Ciamis. Pemeriksaan dilakukan di UPTD Pemeriksaan Kendaraan Bermotot (PKB) Dinas Perhubungan Ciamis.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Eddy Yulianto mengatakan, tujuan pemeriksaan kelaikan ini supaya memberi rasa aman dan nyaman bagi para calon jamaah haji dan keluarganya. Dengan pemeriksaan, kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan laik jalan selama perjalanan menuju embarkasi Bekasi.

Kendaraan yang diperiksa untuk keberangkatan pertama jemaah haji sebanyak 12 armada. "Kalau ditemukan yang tidak laik maka kami minta kepada penyedia angkutan untuk mengganti dengan yang laik, tetapi tetap penggantinya akan kami periksa," katanya.

Pemeriksaan dilakukan secara komprehensif mulai dari komponen penting sampai komponen pendukung keselamatan seperti emisi gas buang, rem utama, rem parkir, mesin atau lampu rem. "Hampir semua komponen yang penting kami lakukan pemeriksaan, karena bila satu komponen saja tidak laik atau tidak berfungsi dengan baik itu bisa berakibat fatal. Tidak ingin mengambil resiko, karena ini menyangkut keselamatan bersama," ujarnya.

Ia memastikan pemeriksaan ini bukan hanya untuk pemberangkatan hari ini, Senin (7/8), tetapi dilaksanakan terhadap kloter yang berangkat sebelumnya dan selanjutnya. Tak hanya saat berangkat, kendaraan yang akan menjemput usai para jemaah pulang dari tanah suci juga menempuh proses pemeriksaan.

"Armada untuk kolter berikutnya juga akan kami periksa semuanya. Intinya kami ingin memberikan kenyamanan bagi para jemaah calon haji. Semua selamat sampai tujuan," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement