Sabtu 19 Aug 2017 00:43 WIB

Sriwijaya Mulai Angkut Calhaj Jambi ke Batam

Pesawat Sriwijaya Air (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Pesawat Sriwijaya Air (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, BATAM -- Maskapai penerbangan Sriwijaya Air mulai mengangkut jamaah calon haji asal Jambi ke Bandara Internasional Hang Nadim yang tergabung dalam kloter 20-26 Embarkasi Batam, Kepulauan Riau. "Hari ini Sriwijaya mulai terbangkan calon haji ke Hang Nadim. Total akan ada 20 penerbangan dari Jambi ke Batam," kata General Manager Oprasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam.

Sesampainya di Hang Nadim, kata dia, calhaj asal Jambi tidak lagi masuk asrama di Batam dan akan menunggu sementara di bandara menunggu penerbangan ke tanah suci dengan Maskapai Saudi Arabian Airlines. "Jadi mereka tidak masuk asrama lagi. Semua sudah disiapkan di Jambi. Di Hang Nadim transit saja sebelum terbang ke tanah suci," kata dia.

Ia mengatakan, sudah mengirimkan empat petugas Aviation Security ke embarkasi antara di Jambi untuk memastikan semua barang bawaan penumpang tidak menyalahi ketentuan penerbangan internasional. "Di sana kan masih domestik. Jadi kami perlu mengirim petugas untuk membantu. Mengingat di Batam sudah tidak diperiksa dan dialihkan ke Maskapai Saudi Arabian Airlines yang akan membawa ke Tanah Suci," kata dia.

Pesawat jamaah dari Jambi, kata dia, akan tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam malam hari mengingat penerbangan ke Tanah Suci dilaksanakan malam atau dini hari. "Harapan kami tiga jam sebelum diterbangkan ke Tanah Suci seluruh jamaah sudah tiba di Hang Nadim Batam. Karena untuk slot penerbangan di bandara tujuan sudah diatur dan tidak boleh terlambat," kata dia.

Seluruh penerbangan haji dari embarkasi Batam, kata Suwarso, akan dilayani dengan Maskapai Saudi Arabian Airlines Boeing 747-400 berkapasitas 450 tempat duduk. Penerbangan kloter pertama akan dilakukan pada 30 Juli 2017 sekitar pukul 23.10 WIB.

"Total ada 27 kloter dari seluruh Kepri ditambah jamaah asal Kalimantan Barat, Jambi, dan Riau. Ada tambahan tujuh kloter dibandingkan tahun sebelumnya. Semua akan diterbangkan malam dan dinihari," kata dia.

Dengan jadwal malam dan dini hari, kata Suwarso, maka kegiatan penerbangan haji melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler. "Kalau malam tidak akan mengganggu penerbangan reguler. Sehingga diharapkan semuanya akan menjadi lebih lancar," kata Suwarso.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement