Jumat 25 Aug 2017 01:40 WIB

161 Jamaah Dirawat di KKHI Daker Makkah, Mayoritas Jantung

Jamaah haji yang sakit di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah (Ilustrasi)
Foto: Republika/Heri Ruslan
Jamaah haji yang sakit di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah hingga hari ini, Kamis (24/08), merawat sebanyak 161 jemaah calon haji indonesia. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusuf Singka menyampaikan mayoritas jemaah haji Indonesia mengalami keluhan jantung serta gangguan sirkulasi pernapasan.

"Penyakit jamaah semuanya adalah bawaan dari Tanah Air," katanya, kemarin.

Sementara sepekan jelang puncak haji , yaitu fase Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina), Eka mengimbau, jemaah haji Indonesia tetap menjaga kesehatan. Apalagi, kata dia, suhu udara di Makkah cukup panas.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Makkah, total ada 90 jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi sampai dengan hari ini. Satu jemaah wafat di Jeddah, lima puluh delapan jemaah wafat di Makkah, dan tiga puluh satu jemaah wafat di Madinah. Tiga dari jumlah yang wafat adalah jemaah haji khusus.

Sampai dengan hari ini, total ada 459 kloter dengan 183.404 jemaah haji Indonesia yang sudah ada di Makkah Al Mukarramah. Sebanyak 251 kloter (101.942) adalah jamaah pemberangkatan gelombang pertama melalui Madinah. Sedang 205 kloter lainnya adalah jamaah pemberangkatan gelombang kedua melalui Jeddah.

sumber : kemenag.go.id

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement