Ahad 27 Aug 2017 16:01 WIB

Haji Kloter Sapujagat Diberangkatkan Hari Ini

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Sekjen Kemenag Nur Syam
Foto: Republika / Darmawan
Sekjen Kemenag Nur Syam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok terbang (kloter) gabungan atau kloter sapujagat akan diberangkatkan dari sejumlah embarkasi di Tanah Air, Ahad (27/8) hari ini. Hal ini disampaikan Sekterais Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam.

Namun, Nur Syam tidak hafal jumlah jamaah yang berangkat dalam kloter tersebut. Yang jelas, menurut Nur Syam, segala persiapan untuk pemberangkatan kloter terakhir sudah tuntas dilakukan.

"Jumlahnya tidak mengikuti. Tapi yang jelas sesuai dengan jadwal sudah berangkat hari ini. Dipastikan semua sudah berangkat dan mereka yang berangkat tanggal 26. Hari ini kan masih ada empat atau lima kloter sapujagat. Dari kloter yang berisi dari berbagai daerah," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (27/8).

Nur Syam menuturkan, kloter sapujagat tersebut merupakan kloter gabungan jamaah dari berbagai daerah seperti jamaah dari Solo digabungkan dengan jamaah Jakarta. Kemudian, dari jamaah Aceh diberangkatkan bersama jamaah dari Medan.

"Kalau nggak ada perubahan itu kan Solo dan DKI jadi satu, lalu Aceh dan Medan jadi satu. Lalu Banjarmasin dan beberapa daerah lain. Jadi itu yang hari ini berangkat. Jadi kloter terakhir memang digunakan untuk mengangkut sisa jamaah," ucapnya.

Nur Syam menambahkan, pemberangkatan jamaah haji tahun berjalan dengan lancar dan tidak menemukan kendala yang berarti. Ia hanya mengimbau kepada jamaah yang sudah berada di Tanah Suci untuk mengikuti peraturan Pemerintah Arab Saudi.

"Kita juga bersyukur karena pemberangkatan jamaah tahun ini jauh lebih baik bila dibandingkan tahun lalu," kata Nur Syam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement