Rabu 30 Aug 2017 16:51 WIB

Masyarakat Makkah Distrik Nuzhah Melepas Jamaah Haji RI

Masyarakat Distrik Nuzhah, Makkah, melepas jamaah haji asal Indonesia yang akan berangkat ke Mina, Selasa (29/8).
Foto: Dok Fariq Gasim Anuz
Masyarakat Distrik Nuzhah, Makkah, melepas jamaah haji asal Indonesia yang akan berangkat ke Mina, Selasa (29/8).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Masyarakat Makkah yang tinggal di Distrik Nuzhah melepas jamaah haji asal  Indonesia yang tinggal di wilayah itu untuk berangkat ke Mina, Selasa (29/8). Mereka terdiri dari rombongan jamaah haji travel Muhibbah  (Pekanbaru), Mideast  (Jakarta), Salam Tour (Cirebon) dan lain-lain. Semuanya masuk dalam Maktab 116.

“Jamaah haji dari Indonesia itu  tiba di Makkah dari Tanah Air beberapa hari lalu. Mereka tinggal di Distrik Nuzhah. Jamaah masjid yang tinggal bertetangga dengan  jamaah haji Indonesia di Distrik Nuzhah  mengadakan acara pelepasan karena besok hari,  Rabu tanggal 8  Dzulhijjah  1438 H  (hari ini, Red) insya Allah jamaah haji akan meninggalkan tempat mereka tinggal sementara untuk berangkat ke Mina,” kata pembimbing ibadah haji Muhibbah Travel Ustaz Fariq Gasim Anuz melalui pesan instan kepada Republika.co.id langsung dari Makkah, Saudi Arabia, Selasa (29/8) malam.

Fariq menambahkan, penduduk di Distrik Nuzhah ini sangat memuliakan jamaah haji karena mereka adalah tamu-tamu Allah. “Jamaah haji Indonesia sangat bergembira dengan pelayanan dan penyambutan penduduk yang ramah,” ujar Fariq.

Acara pelepasan ini diisi dengan tanya jawab berhadiah parfum dan uang. “Jamaah masjid juga terkesan saat  mendengarkan lantunan ayat-ayat Alquran dengan suara merdu yang dibaca oleh beberapa jamaah haji Indonesia,” tutur Fariq.

Imam masjid juga memberikan hadiah kepada pimpinan rombongan travel tersebut. Yakni, Ibnu Mas'ud (pimpinan travel Muhibbah),  Ismail dari travel Mideast,  dan Ustaz Dede Muharram Lc, pimpinan Salam Tour sekaligus penerjemah dari imam masjid Syaikh Abdullah Mulla.

“Setiap jamaah haji yang hadir di masjid semuanya mendapatkan hadiah dari pengurus masjid. Setelah selesai acara, pengurus masjid menyediakan makan malam untuk para jamaah haji,” papar Fariq Asim Anuz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement