Kamis 31 Aug 2017 07:29 WIB

Menag Keliling Pastikan Fasilitas Jamaah di Arafah

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
Kondisi tenda jamaah haji kloter Balikpapan (BPN) 03 di Arafah, Rabu malam (30/8).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Kondisi tenda jamaah haji kloter Balikpapan (BPN) 03 di Arafah, Rabu malam (30/8).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri menyapa jamaah haji Indonesia yang akan menjalani prosesi wukuf di Padang Arafah, Rabu malam (30/8). Rombongan Menag tiba di Maktab 23 pukul 21.19 WAS. Dia kemudian memasuki salah satu tenda jamaah kloter PLM (Palembang) 01.

"Bagaimana sudah makan belum bapak ibu? Apakah ada kekurangan air," kata Menag yang dijawab koor ''sudah'' dan ''tidak'' oleh jamaah. 

Setelah hampir 15 menit berkeliling, rombongan menuju Maktab 7. Di sana, Menag bertemu jamaah asal Jawa Barat. Di salah satu tenda, jamaah mengeluh tendanya panas. Menag sempat mengecek AC dan memang alat itu belum berfungsi dengan baik. Udara di dalam tenda sangat panas.

"Belum semua datang Pak. Sebagian masih dalam perjalanan," ujar seorang jamaah saat disambangi Menag Lukman yang didampingi Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat, dan lain-lain.

Kemudian Menag dan rombongan bergeser ke tenda lain. Saat disambangi, suasana riuh rendah. Ada jamaah yang berebut berjabat tangan. Ada pula yang ingin swafoto. 

Salah satu jamaah Mustarom dari kloter BPN (Balikpapan) 03 menilai kondisi tenda cukup layak. Namun, dia mengeluhkan udara yang panas di dalam tenda.

Menag Lukman mengatakan beberapa jamaah mulai masuk ke Arafah sejak sore. Beberapa rombongan jamaah ada yang menempuh perjalanan satu jam menuju Arafah. Namun, sebagian lain harus menempuh dua hingga tiga jam perjalanan. 

Secara keseluruhan, tidak ada yang menempuh perjalanan di atas empat jam. Selepas pukul 24.00, tidak ada satu pun jamaah yang masih tinggal di Makkah.

"Umumnya jamaah merasa makanan dan ke daraan cukup baik, tetapi ada keluhan soal cuaca. Mudah-mudahan tidak sampai mengganggu ibadah," katanya.

Mengenai kondisi tenda jamaah yang snagat panas, Menag mengakui sejumlah air cooler yang ada belum difungsikan. Menag juga memastikan alat kesehatan di tenda Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) telah terpasang. 

Sedangkan jamaah yang akan disafariwukufkan, akan berangkat pukul 11.00 dari KKHI Makkah.Jamaah akan berada di Arafah selama beberapa menit, lantas kembaki ke KKHI. Petugas yang ba''dal haji pun telah berniat haji untuk membaldalkan jamaah yang terkendala kesehatannya

Wukuf di Padang Arafah digelar bakda Zhuhur, Kamis (31/8). Jamaah dari berbagai negara berkumpul di padang terbuka memenuhi panggilan Allah, berzikir, berdoa dan memohon ampunan.

It''s now or never

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement