Kamis 31 Aug 2017 16:15 WIB

Suhu di Arafah 39 Derajat Celsius

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Agung Sasongko
KKHI arafah, kamis pagi (31/8)
Foto: Republika/Ani Nursalikah
KKHI arafah, kamis pagi (31/8)

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Suhu udara di Arafah saat ini, Kamis (31/8), tercatat 39 derajat Celsius. Sekitar tiga juta jamaah haji dunia berkumpul di Arafah untuk melaksanakan puncak haji, yakni wukuf.

Meski di dalam tenda terdapat fasilitas kipas angin embun (mist fan), namun tidak mampu mengusir hawa panas. Justru angin yang terasa adalah angin panas.

Untuk mengusir panas, sejumlah jamaah haji menggunakan kanebo di kepala. Mereka juga menggunakan botol semprot berisi air di wajah. Jamaah haji diimbau banyak minum air tanpa menunggu haus untuk menghindari dehidrasi dan serangan panas. 

Perawat Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Arafah Enung Suharti mengatakan mewaspadai lonjakan jamaah yang mengalami serangan panas atau dehidrasi. Jamaah yang mengalami serangan panas akan ditangani pertama kali dengan diguyur es atau dibungkus dengan cold bag berisi es. Tindakan itu berguna untuk menurunkan suhu tubuh jamaah.

Rangkaian kegiatan wukuf di Arafah dimulai pukul 11.00 WAS. Saat ini sambutan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegabriel masih berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement