Kamis 31 Aug 2017 21:20 WIB

Menag: Kepedulian Sosial Jadi Indikator Kemabruran

Menag Lukman Hakim Saifuddin
Foto: dok. Kemenag.go.id
Menag Lukman Hakim Saifuddin

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Rasulullah berpesan agar kita merawat persaudaraan. Dia meminta agar sesama manusia tidak saling menumpahkan darah dan saling merampas harta sesama. Dia berharap sesama manusia saling memberikan perdamaian.

"Persaudaraan adalah sesuatu yang mendasar yang oleh Rasulullah dijadikan indikator kemabruran," katanya saat menyampaikan sambutan dalam rangkaian kegiatan wukuf di Arafah, Kamis siang (31/8).

Seperti dilaporkan wartawan Republika, Ani Nursalikhah dari Tanah Suci, Menang melanjutkan, ketika Rasulullah ditanya soal tanda kemabruran Rasul menjawab "memberi makan kepada sesama dan menebarkan salam". Makan adalah kebutuhan mendasar, simbol kepedulian sosial.

Menebarkan kedamaian adalah esensi ajaran Islam. Menjadi tugas Muslim untuk senantiasa mewujudkannya di lingkungan masing-masing. "Hari ini kita hadir di tempat yang mulia, dan saat yang istimewa. Inilah Arafah. Puncak dari ibadah yang sedang kita lakukan," katanya.

Banyak ulama mengatakan, di Arafah inilah puncak dari kesadaran setiap umat manusia untuk mengenali siapa dirinya. Haji adalah arafah. Inilah tempat kita untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas keduniawian untuk melakukan instrospeksi diri lebih mengenali diri.

Dengan haji mabrur kita berharap kepekaan sosial di kalangan umat manusia semakin meningkat. Dan dengan kemabruran sekitar tiga juta jamaah, mereka mampu menjadi duta perdamaian dalam ikut membangun peradaban dunia. Doa dari seluruh tamu Allah untuk mendoakan saudara kita yang di Tanah Air dan di manapun di bumi ini untuk mamou meningkatkan kesejahteraan, kepedulian sosial, dan mampu menjaga persaudaraan sesama manusia

Setajam apa pun perbedaan di antara kita, Menag meminta jangan sampai mengoyak sisi kemanusiaan karena kita diikat persaudaraan sesama manusia. Dia Arafah membawa kita semua pada kesadaran ini dan membawa kita untuk mampu mewujudkannya di lingkungan kita masing-masing.

Lukman selaku Menag dan Amirul Hajj 2017 juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para petugas haji Indonesia. Juga kepada seluruh pimpinan kementerian dan lembaga tinggi negara yang telah berkontribusi luar biasa sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sampai saat ini berjalan lancar dan baik. Kepada seluruh petugas haji, di Tanah Air dan petugas haji yang di Saudi, dia menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga.

"Kita baru setengah perjalanan melaksanakan tugas ini. Setelah Arafah, kita harus mengawal tanggung jawab kita lainnya sampai seluruh jamaah haji kembali ke Tanah Air," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement