Selasa 05 Sep 2017 19:05 WIB

Jamaah Himpuh Telah Menyelesaikan Rangkaian Haji

Rep: mgrol97/ Red: Agus Yulianto
Waketum Himpuh Muharom Ahmad
Foto: Republika/Maman Sudiaman
Waketum Himpuh Muharom Ahmad

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Wakil Ketua Umum Himpuh Muharom Ahmad bersyukur seluruh jamaah Himpuh telah menyelesaikan rangkaian manasik haji. Jamaah yang melakukan nafar tsani atau nafar akhir, melontar jumrah pada tanggal 10,11,12, dan 13 dzulhijjah.

"Mereka menginap selama tiga malam di Mina. Kemarin sore tepatnya 13 Dzulhijah seluruh jamaah Himpuh telah keluar dari Mina," ujarnya, Selasa (5/9).

“Alhamdullilahirrabbilalamin seluruh jamaah Himpuh telah selesai. Kemarin sore keluar dari Mina setelah menyelesaikan nafar tsani,” kata Muharom kepada Republika.co.id, Selasa (5/9).

Kini seluruh jamaah telah berada di Makkah. Beberapa rombongan sedang mempersiapkan diri untuk kepulangan ke Jakarta. “Kepulangan jamaah keloter pertama menggunakan maskapai Saudi Arabia. Kemudian bergelombang mulai tanggal 15 Dzulhijah dengan penerbangan lainnya. Hingga menjelang akhir bulan Dzulhijah,” ujarnya.

Sementara itu, ada beberapa jamaah yang masih sakit dan di rawat di rumah sakit. Keadaannya berangsur-angsur membaik. Sementara, yang meninggal telah ditangani oleh kementerian agama.

“Beberapa dilaporkan meninggal dan sudah diurus oleh pihak kementerian agama. Adapun yang di Makkah dishalatkan di Masjid al-Haram,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement