Rabu 06 Sep 2017 11:17 WIB

Konsumsi Air Selama Musim Haji Capai 300 Juta Liter

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Minum Air Zamzam
Foto: dok.Republika
Ilustrasi Minum Air Zamzam

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Konsumsi air selama musim haji mencapai 30 juta meter kubik atau setara 300 juta liter di Makkah dan tempat-tempat suci lainnya. Menteri Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Abdul Rahman Al-Fadli mengatakan, jumlah ini meningkat 21 persen dari tahun lalu.

"Sekitar 850 meter kubik air setiap hari dipompa ke Makkah dan tempat-tempat suci selama musim haji yang dimulai sejak 24 Juli," kata dia seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu (6/9).

Al-Fadli mengatakan, bahwa air yang dipompa selama musim haji mengalami peningkatan 21 persen dari tahun lalu. Meski musim haji telah usai, Saudi akan menambahkan 10 juta meter kubik air selama beberapa hari mendatang. Al-Fadli mengatakan sebanyak 3.500 karyawan dari kementerian telah mengawasi penyaluran air.

Tak hanya air, konsumsi tepung selama musim haji mencapai 1,57 juta karung. Sementara lebih dari 800 ribu juta karung tepung diproduksi sebagai cadangan untuk toko-toko roti jika terjadi kekurangan dalam produksi roti.

Selain pengairan dan pangan, Kementerian juga memastikan keamanan di bidang peternakan. Dokter hewan kementerian telah memeriksa lebih dari dua juta ekor domba dan ternak sebelum mereka masuk ke tempat-tempat suci untuk keperluan kurban.

Sejumlah besar unta juga diperiksa apakah positif Sindrom Pernafasan Timur Tengah Coronavirus (MERS) atau tidak. Kementerian memastikan bahwa seluruh proses ini telah berjalan lancar dan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement