Kamis 07 Sep 2017 16:50 WIB

Jamaah Haji Lampung Tiba Ahad Siang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Endro Yuwanto
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).
Foto: Republika/Prayogi
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Jamaah haji asal Lampung akan tiba perdana di Tanah Air dan selanjutnya terbang ke Bandara Radin Inten II Branti Lampung, Ahad (10/9) siang. Sebanyak 388 orang jamaah tergabung dalam kloter 06 yang sebelumnya berangkat ke Tanah Suci pada Senin (31/7) lalu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Kanwil Kemenag Lampung mempersiapkan kedatangan jamaah haji Lampung perdana di Bandara Radin Inten II Branti. Jamaah haji yang pulang ke Lampung tersebut berasal dari Kabupaten Lampung Tengah.

“Pemerintah Provinsi Lampung akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi jamaah, mulai sarana dan prasarana, keamanan saat jemaah tiba, dan ketersedian makanan bagi para jamaah,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Lampung Heri Suliyanto, Kamis(7/9).

Dalam rapat persiapan penerimaan jamaah haji di Kanwil Kemenag Lampung, Heri mengatakan telah dibahas evaluasi keberangkatan haji hingga kepulangan jamaah haji. Dari evaluasi tersebut, menurut Heri, penyelenggaraan ibadah haji asal Lampung hingga menjalan kepulangan jamaah haji, berjalan baik dan lancar serta aman.

“Saya bersama rombongan meninjau langsung ke Bandara Soekarno-Hatta sampai jemaah memasuki pesawat Garuda Indonesia. Semuanya dipastikan berjalan baik dan lancar,” kata Heri yang pernah menjabat kepala Dinas Pendidikan Lampung.

Menurut Heri, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018, diharapkan Bandara Radin Inten II Branti sudah berstatus embarkasi haji penuh. Selama ini keberangkatan jamaah calon haji melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Setelah berstatus bandara embarkasi, jamaah calon haji akan berangkat ke Tanah Suci langsung dari Lampung.

Pemprov Lampung segera melengkapi fasilitas dalam mendukung penetapan status bandara embarkasi haji penuh. Fasilitas pendukung seperti asrama haji mampu menampung sekitar 400 jamaah atau dua kloter. Juga membantu persiapan Bandara Raden Inten II berstatus bandara internasional dengan pengadaan lampu dan X-Ray ke Bandara Radin Inten II.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Suhaili mengatakan, penetapan bandara embarkasi haji dapat segera terlaksana. “Dalam waktu dekat akan mengurus kelengkapan ke Kementerian Agama pusat, semoga embarkasi haji penuh dapat terlaksana di 2018,” kata dia.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Luqmanul Hakim menjelaskan, di tahun 2017 Pemprov Lampung mendapat kuota tambahan 800 orang jamaah, dari yang seharusnya hanya 300 orang. Sehingga total jamaah mencapai 7.020 orang. Pada 2017 kuota jamaah kembali pada kuota asli yakni 6.282 orang, sedangkan Indonesia memperoleh tambahan 10 ribu jamaah.

Sedangkan Kepala Bandara Raden Inten II Satimin menyatakan siap menerima kedatangan jamaah haji Provinsi Lampung. Menurut dia, kondisi bandara siap untuk menerima rombongan jamaah haji asal Lampung mulai Ahad siang mendatang.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement