Sabtu 09 Sep 2017 15:34 WIB

Kloter Kelima Jamaah Haji Debarkasi Jakarta Pondok Gede Tiba

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).
Foto: Republika/Prayogi
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Hingga hari ke-3 kedatangan jamaah haji, sudah ada 1.949 jamaah dari Debarkasi Jakarta Pondok Gede yang tiba di Tanah Air. Informasi terakhir, kelompok terbang (kloter) kelima sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 13.24 WIB.

"Fase pemulangan Debarkasi Jakarta Pondok Gede akan berlangsung dalam dua gelombang," ujar Wakil Ketua II Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Jakarta Pondok Gede Saiful Mujab, Sabtu (9/9).

Menrut Saiful, gelombang pertama yang terdiri dari kloter satu hingga 29 akan diberangkatkan dari Jeddah, Arab Saudi, mulai 6 hingga 21 September 2017. Sedangkan gelombang kedua yang terdiri dari kloter 30 hingga 64 akan diberangkatkan dari Madinah pada 22 September hingga 5 Oktober 2017.

Kloter kelima Debarkasi Jakarta Pondok Gede dengan jumlah jamaah sebanyak 390 orang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta siang tadi. Adapun kloter keempat tiba sekitar pukul 08.08 WIB pada hari yang sama.

Kedatangan 390 jamaah haji itu membuat jumlah total jamaah dari Debarkasi Jakarta Pondok Gede yang sudah tiba menjadi 1.949 jamaah. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Debarkasi Jakarta Pondok Gede telah memberangkatkan 8.173 jamaah asal DKI Jakarta, 9.555 jamaah asal banten, dan 7.108 jamaah asal lampung pada musim haji 1438 Hijriyah ini.

Saiful menyebutkan, ada dua rencana teknis pemulangan jemaah dari Debarkasi Jakarta Pondok Gede. Pertama, untuk jamaah asal Provinsi DKI Jakarta dan Banten akan melalui proses custom, imigrasi, dan karantina kesehatan yang dilaksanakan di Terminal 2E Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta.

"Jamaah lalu dijemput dengan bus Damri untuk diantar menuju Asrama Haji Pondok Gede. Di Asrama Haji Pondok Gede, jamaah dapat mengambil koper bawaan pribadi serta memperoleh jatah air zamzam," jelas Saiful.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement