Sabtu 09 Sep 2017 19:57 WIB

Jamaah Haji Asal Kabupaten Bandung Tiba di Lanud Sulaiman

Rep: Muhammad Fauzi/ Red: Endro Yuwanto
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).
Foto: Republika/Prayogi
Keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 1 Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (7/9).

IHRAM.CO.ID, MARGAHAYU -- Sabtu (9/9) pagi, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sulaiman penuh dengan orang-orang yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung. Mereka tengah menanti kedatangan anggota keluarganya yang telah melaksanakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

Suasana haru dan rindu tampak jelas pada wajah orang-orang di Lanud Sulaiman. Mereka yang menunggu sejak pagi sudah tidak sabar ingin bertemu dengan anggota keluarganya yang akan datang usai melaksanakan ibadah haji.

Puncaknya, saat 10 bus yang membawa para jamaah haji asal Kabupatem Bandung tiba di lapangan Lanud Sulaiman. Para keluarga yang sebelumnya berdiri di garis pembatas memaksa menerobos demi bertemu anggota keluarganya yang sudah melaksanakan haji.

Imbauan dari staf Kemenag agar para keluarga yang menunggu tidak melewati pembatas pun dihiraukan. Isak tangis bahagia seketika membanjiri di antara kerumunan orang-orang setelah bertemu anggota keluarga yang selesai berhaji.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bandung, Asep Sopandi mengatakan, sebanyak 399 jamaah haji ditambah petugas tiba di Lanud Sulaiman. Sementara, satu orang wafat saat menunaikan haji di Makkah. "Ini hari pertama kloter pertama di Kabupaten Bandung tiba. Sisanya ada tujuh kloter lagi," ujarnya saat ditemui di Lanud Sulaiman, Sabtu (9/9).

Asep menuturkan, total jamaah haji yang berangkat ke Makkah berjumlah 2.682 orang yang terbagi lima kloter utuh dan tiga kloter gabungan. Sementara, sebanyak dua orang jamaah haji dari Kabupaten Bandung meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement