Selasa 12 Sep 2017 10:48 WIB

Haji Debarkasi Palembang Kembali pada 13 September

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Jamaah haji embakarsi Palembang (Ilustrasi)
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Jamaah haji embakarsi Palembang (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Jamaah Sumatera Selatan (Sumsel) pada musim haji 1438 H yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama dari debarkasi Palembang akan kembali ke tanah air pada 13 September 2017 dari Jeddah, Saudi Arabia.

“Sesuai dengan jadwal, jamaah haji kloter pertama derbakasi Palembang akan berangkat dari Jeddah pada 13 September 2017 pukul 04.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada pukul 17.40 WIB,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Palembang Saefudin Latif, kemarin.

Menurutnya, jamaah haji kloter pertama yang akan tiba tersebut adalah jamaah yang berasal dari Kabupaten Lahat, Kota Pagaralam, KBIH Al Ghazali dan KBIH An Nur. “Untuk menyambut kedatangan tamu Allah yang tergabung dalam kloter pertama tersebut telah mempersiapkan berbagai perlengkapan seperti mobil khusus termasuk ambulance dalam menyambut jamaah haji debarkasi Palembang,” ujarnya.

Saefudin menjelaskan, setelah pesawat mendarat di bandara SMB II, seluruh jamaah haji tersebut tetap harus masuk asrama hajiuntuk beristerahat sejenak. “Seperti tahun-tahun sebelumnya bagi keluarga atau penjemput tetap dilarang masuk ke komplek asrama haji. Para penjemput harus menunggu di luar pagar asrama haji,” katanya.

Pada musim haji 1438 H  kuota calon jamaah haji embarkasi Palembang berjumlah 8.199 jamaah yang terdiri dari jamaah Sumsel 7.035 orang dan jamaah Provinsi Bangka Belitung (Babel) sebanyak 1.069 orang termasuk 95 petugas.

“Namun saat keberangkatan, 13 kuota tidak terpenuhi atau ada calon jamaah yang tidak berangkat, karena ada jamaah yang batal seperti meninggal dunia sebelum masuk embarkasi, hamil, mengidap penyakit tertentu yang dianggap tidak memenuhi syarat istithoah,” ujar Saefudin Latif.

Sementara itu jumlah jamaah haji yang meninggal di tanah suci saat menunaikan ibadah haji sampai menjelang kembali ke tanah air menurut Saefudin Latif tercatat sebanyak 12 jamaah meninggal dunia, yang terdiri 10 jamaah dari Sumsel dan dua jamaah dari Babel.

“Kami keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan dan juga PPIH Embarkasi Palembang turut berduka cita atas kepergian jamaah haji yang wafat di tanah suci, Mudah-mudahan amal ibadah beliau diterima oleh Allah dan ditempatkan di sisi-Nya,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Palembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement