Selasa 19 Sep 2017 16:00 WIB

Delapan Kloter Haji Tiba di Debarkasi Balikpapan

Kondisi tenda jamaah haji kloter Balikpapan (BPN) 03 di Arafah, Rabu malam (30/8).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Kondisi tenda jamaah haji kloter Balikpapan (BPN) 03 di Arafah, Rabu malam (30/8).

IHRAM.CO.ID,  SAMARINDA -- Sebanyak delapan dari 13 kelompok terbang (kloter) yang membawa rombongan jamaah haji dari sejumlah daerah telah tiba di Debarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur (Kalteng).

Rombongan jamaah haji kloter 8 asal Sulawesi Tengah yang diangkut pesawat Garuda Indonesia tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Selasa (19/9) dini hari pukul 01.32 WITA. Sebelumnya, kloter 1 hingga 7 telah tiba secara bertahap sejak 9 September hingga Ahad (17/9).

Kedatangan rombongan haji kloter 8 yang berjumlah 454 orang itu diterima Wakil Ketua II Debarkasi Balikpapan Hakimin di Aula Jabal Rahmah Asrama Haji Batakan Balikpapan dan selanjutnya diserahkan kepada PPIH Sulawesi Tengah.

Tampak hadir dalam penjemputan rombongan itu adalah Bupati Kabupaten Sigi Irwan Lapata, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Khaliq selaku Sekretaris PPIH, dan sejumlah PPIH.

Hakimin menyampaikan ucapan selamat datang kepada jamaah dan juga duka cita atas meninggalnya satu orang anggota rombongan kloter 8 saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. "Kepada seluruh jamaah agar selalu menjaga kesehatan, karena perjalanan masih panjang untuk sampai ke rumah masing-masing," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag Kaltim.

Setelah menjalani pemeriksaan administrasi, kesehatan dan lainnya, rombongan haji ini melanjutkan perjalanan dari Balikpapan ke Palu dalam tiga gelombang penerbangan, yakni pukul 10.00, 10.15 dan 13.00 WITA.

Menurut jadwal, rombongan jamaah haji kloter 9 yang berisi gabungan dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan Sulteng dijadwalkan tiba di Debarkasi Balikpapan pada Rabu (20/9) pagi sekitar pukul 06.50 WITA.

Pada musim haji 2017, PPIH Embarkasi Balikpapan memberangkatkan sebanyak 5.680 orang calon haji dengan didampingi 65 petugas yang terbagi dalam 13 kloter. Mereka adalah jamaah dari Kaltim, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulteng.

Jadwal pemulangan jamaah haji melalui Debarkasi Balikpapan sudah berlangsung sejak 9 September dan akan berakhir pada 26 September 2017 mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement