Senin 25 Sep 2017 14:50 WIB

13 Jamaah Haji Asal NTB Meninggal Dunia

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
Pemakaman Baqi diperuntukan bagi jamaah haji yang wafat di Madinah, Arab Saudi (Ilustrasi)
Foto: Republika/Dewi Mardiani
Pemakaman Baqi diperuntukan bagi jamaah haji yang wafat di Madinah, Arab Saudi (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurhandini Eka Dewi mengatakan, sebanyak 13 jamaah haji asal NTB meninggal dunia di Tanah Suci dalam musim haji 2017 ini. "Hingga saat ini, sudah 13 (jamaah) yang meninggal, kebanyakan risti (risiko tinggi)," ujar Nurhandini kepada Republika.co.id, di Labuapi, Lombok Barat, NTB, Senin (25/9).

Nurhandini menjelaskan, sejak sebelum keberangkatan, Dinas Kesehatan NTB mencatat lebih dari 50 persen jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci merupakan para jamaah haji risiko tinggi dengan riwayat penyakit jantung dan pernafasan, mengingat rata-rata jamaah haji tergolong sudah lanjut usia.

Selain yang meninggal dunia, kata dia, masih ada 12 jamaah haji yang berada di rumah sakit di Arab Saudi lantaran sakit. Akibatnya, para jamaah harus berada lebih lama di Tanah Suci untuk menjalani perawatan intensif.

Dikatakan Nurhandini, kondisi kesehatan para jamaah yang sakit harus dipastikan telah pulih agar bisa dipulangkan melalui kloter-kloter berikutnya. "Karena perjalanannya kan panjang (naik pesawat), makanya kasihan jika dipaksakan padahal kondisinya masih sakit," ucap dia.

Sepulangnya dari Arab Saudi, lanjut dia, para jamaah haji yang sempat dirawat di Arab Saudi akan diperiksa kembali oleh petugas puskesmas terdekat. "Saya sudah bersurat ke seluruh puskesmas, dalam 14 hari mereka harus dikunjungi, harus dikontak petugas kesehatan setempat," kata Nurhandini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement