Jumat 06 Oct 2017 11:54 WIB

15.204 Jamaah Haji Tiba di Debarkasi Makassar

 Para jamaah haji Indonesia tengah berisitrahat sambil penunggu jadwal kepulangan mereka ke Tanah Air
Foto: dok. Kemenag.go.id
Para jamaah haji Indonesia tengah berisitrahat sambil penunggu jadwal kepulangan mereka ke Tanah Air

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 15.204 orang Jamaah Haji telah tiba dengan selamat di Makassar, Sulawesi Selatan. "Jumlah jamaah haji yang tiba ditanah air hari ini yakni dua Kelompok Terbang masing-masing kloter 33 dan kloter 34, dari total keseluruhan 35 kloter untuk Embarkasi Makassar," sebut Sekretaris PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar H Kaswad Sartono di Makassar, Kamis (5/10).

Sementara untuk jamaah yang meninggal dunia berdasarkan data terakhir yang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulsel sebanyak 39 orang dengan rincian 22 pria, 17 wanita, dengan rata-rata wafat diusia antara 40-90 tahun keatas.

Untuk kloter 33 tiba lebih dulu sekitar pukul 03.50 WITA dini hari dengan membawa jamaah haji dari beberapa daerah seperti, Kota Makassar 78 orang, Kabupaten Gowa 95 orang, Kabupaten Luwu 274 orang.

Dari 449 orang jamaah Haji kloter 33 tersebut, hanya jamaah haji asal Kabupaten Luwu yang disiapkan bus khusus untuk mengantar jamaah hajinya ke daerah asal. Sedangkan Jamaah Haji asal Kabupaten Gowa, Pinrang dan Kota Makassar dijemput keluarga masing-masing.

Sedangkan kloter 34 tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar pukul 10.00 WITA dengan jumlah jamaah sebanyak 449 orang termasuk petugas kloter, jamaah kloter tersebut berasal dari Kabupaten Wajo, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sidrap dan Kota Makassar.

Bupati Wajo  Andi Burhanuddin Unru didampingi Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sulsel Hj Yuspiani dan dua anggota DPRD Provinsi Sulsel Andi Nurhidayanti dan anggota DPRD Kabupaten Wajo Husniati menyambut sekaligus menerima jamaah haji di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

"Kedatangan Jamaah Haji ini diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik utamanya bagi perkembangan pembangunan Sumber Daya Manusia di daerahnya masing masing, khususnya dalam hal nilai spiritual masyarakat kita," harap Bupati Andi Unru.

Pada kesempatan itu, ketua kloter 34, H Muh Kasim juga menyerahkan amanah dari rombongan kloternya berupa sumbangan untuk pembangunan masjid sebesar 530 riyal atau setara Rp2,5 juta dan diterima langsung koordinator bidang penerimaan Jamaah Haji, Yuspiani di asrama haji setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement