Selasa 07 Nov 2017 14:58 WIB

Evaluasi Haji Perhatikan Dua Hal ini

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
 Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan pembukaan Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2017 di Hotel Marlynn Park, Jakarta pada Senin 6-8 November 2017. Ada dua hal yang menjadi perhatian dalam evaluasi tersebut.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, hari ini mulai melakukan evaluasi nasional terkait penyelenggaraan haji. Evaluasi tersebut terdiri dari dua hal. Pertama, agar prestasi kerja yang sudah dinilai baik dan dirasakan oleh jamaah haji Indonesia sebagai sesuatu baik harus dijaga dan dipelihara.

"Kedua, melalui evaluasi ini kita juga bisa mendapatkan masukan-masukan dan kritikan-kritikan atau hal-hal yang masih dinilai lemah, masih dinilai kurang oleh jamaah haji kita, yang harus ditingkatkan sehingga tahun depan bisa lebih baik," kata Lukman kepada Republika usai membuka Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji, Senin (6/11).

Ia menerangkan, dua hal ini yang sebenarnya ingin dicapai melalui evaluasi nasional. Diharapkan penyelenggaraan haji tahun depan bisa lebih baik dari sekarang. Jadi, menjaga apa yang sudah baik pada penyelenggaraan haji tahun ini. Untuk terus dipertahankan pada tahun yang akan datang.

"Dan menutup kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang masih dirasakan pada tahun ini agar tidak terulang, agar lebih bisa ditingkatkan di tahun yang akan datang," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement