Rabu 08 Nov 2017 09:04 WIB

Arab Saudi Ingin Jadi Tujuan Utama Turis Muslim Dunia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Kota Kuno di Jeddah, salah satu tujuan wisata menarik di Arab Saudi.
Foto: Flickr.com
Kota Kuno di Jeddah, salah satu tujuan wisata menarik di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Arab Saudi ingin menjadi tujuan utama turis Muslim dunia pada akhir dekade ini. Arab Saudi juga tengah mengembangkan garis pantai Laut Merah Kerajaan dan memaksimalkan sektor pariwisata seperti haji dan umrah.

"Kami ingin mengalahkan Dubai, Malaysia dan Turki ke posisi teratas," kata seorang pejabat senior dari Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCNH) pada acara World Travel Market di, London, Selasa (7/11).

Ia mengatakan, SCNH sedang mengembangkan situs-situs ziarah. Juga membuka situs UNESCO, di tahun 2020 ditargetkan 10 situs UNESCO dibuka. Arab Saudi memiliki segalanya, memiliki kelebihan di sektor wisata sejarah, seperti sejarah Islam dan pra-Islam. Serta memiliki pemandangan alam yang indah. Arab saudi terbuka bagi siapa pun.

"Bagi wisatawan Islam, kita memiliki keuntungan, semuanya sudah halal di sini," kata juru bicara SCNH, dilansir dari Arab News, Rabu (8/11).

Arab Saudi berencana untuk mengembangkan wilayah garis pantai Laut Merah. Untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata yang mendunia. Arab Saudi telah meminta bantuan Richard Branson dari Virgin Group untuk memberi saran mengenai proyek di garis pantai Laut Merah.

Sebagaimana dilaporkan Arab News, pejabat pariwisata Arab Saudi mengatakan, pemerintah Saudi sedang berupaya meratifikasi visa turis bagi pengunjung dari 165 negara, termasuk 66 negara Muslim. Kerajaan Arab Saudi akan menyambut semua negara, semua agama dan wisatawan perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement