Jumat 10 Nov 2017 17:22 WIB

Calon Jamaah Perlu Bandingkan Harga Biro Umrah

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Baitullah di musim umrah
Foto: Amantour
Baitullah di musim umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Biro perjalanan haji dan umrah ESQ Tours mendorong masyarakat membandingkan harga sebelum memutuskan berangkat ibadah. Tujuannya agar jamaah tidak tertipu.

"Masyarakat harus beralih dari satu biro penjalanan apabila harga dan fasilitas yang ditawarkan irasional. Jadi membandingkan harga perlu juga," kata Devisi Marketing ESQ Tours Akbar Tawakal dalam pameran PIM & Sabre Travel Fair 2017 di Pondok Indah Mall, Jakarta, Jumat (10/11).

Akbar menuturkan banyak hal yang dapat menjadi rambu-rambu masyarakat memilih biro perjalanan umrah dan haji. Pertama, yakni mengetahui detail fasilias yang ditawarkan. Kedua, calon jamaah harus mengecek biro perjalanan itu memiliki izin. Ketiga, kepastian pesawat yang digunakan biro perjalanan itu.

Akbar mengatakan ESQ Tours memiliki tiga pilihan paket umrah, yakni SBD (Rp 22,3 juta), SBU (Rp 28,2 juta), dan reguler (Rp 30,2 juta). Ia menjelaskan ESQ Tours menggunakan ambang batas 1.650 dolar Amerika Serikat (AS) menentukan harga perjalanan umrah. Sehingga, harga masing-masing paket bisa berubah sesuai nilai tukar dolar.

Akbar menyebut perbedaan harga itu merupakan berada pada pilihan pesawat dan hotel. Selain itu, ia menyebut ESQ Tours menyediakan pembimbing berpengalaman, bis eksekutif, dan menggunakan sistem pemandu pariwisata. Akbar mengatakan ESQ Tours sudah menyusun jadwal keberangkatan umrah. Sehingga, calon jamaah tinggal memilih kapan waktu sesuai untuk berangkat.

Akbar menjelaskan penetapan jadwal keberangkatan bertujuan memberi kepastian pada calon jamaah ke Tanah Suci. Ia berharap calon jamaah umrah tak tegiur harga murah, tetapi tak memiliki kejelasan sistem dan fasilitasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement