Rabu 13 Dec 2017 09:16 WIB

Platform Belanja Online Pertama Diluncurkan di Arab Saudi

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
ecommerce
ecommerce

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Platform belanja online pertama Arab telah diluncurkan di Arab Saudi. Situs belanja online bernama Noon.com itu dibuka untuk membuka pangsa pasar e-commerce yang relatif masih baru di Saudi.

Noon adalah perusahaan gabungan antara ketua Emaar Properties, Mohamed Alabbar, Dana Investasi Publik Arab saudi, dan operator waralaba Kuwait MK Alshaya. Situs belanja online ini awalnya diluncurkan di Uni Emirat Arab pada Oktober lalu. Namun, pasar Saudi menawarkan potensi pertumbuhan yang signifikan bagi pengecer online.

Menurut para analis, hal itu mengingat rendahnya jumlah penduduk yang kerap berbelanja di internet daripada di mal-mal perbelanjaan di wilayah Kerajaan.

"KSA adalah pasar utama untuk ritel online," kata analis Euromonitor, Rabia Yasmeen, dilansir dari Arab News, Rabu (13/12).

Yasmeen mengatakan, pangsa pasar online dari total pasar ritel Saudi adalah sekitar 1,4 persen. Kepala ritel di PwC Middle East, Norma Taki, mengatakan bahwa hasil survei total ritel pada 2017 menunjukkan bahwa 27 persen pembeli di KSA suka berbelanja online setiap bulan. Sementara 45 persennya berbelanja beberapa kali dalam setahun.

"Ini menyoroti bahwa ada peluang besar bagi pendatang pasar seperti Noon.com untuk masuk dan memanfaatkan populasi muda dan konsumen yang melek teknologi yang ditawarkan pasar KSA," kata Taki.

Noon berkantor pusat di Riyadh. Situs belanja online ini menawarkan produk di berbagai sektor termasuk kecantikan, fashion, elektronik, rumah, dapur, dan bahan makanan. Pembeli dapat melakukan pembelian secara online atau melalui aplikasi yang dapat diunduh.

Pendiri Noon, Mohamed Alabbar, mengatakan Noon membawa bentuk pasar digital yang dinamis, dikelola lokal dan berorientasi pelanggan untuk melayani masyarakat di Kerjaan. Selain itu, menurutnya, Noon juga menawarkan pengalaman ritel yang baru dan jauh lebih baik.

"Dengan kaum Saudi muda berbakat yang menjalankan operasinya, bersamaan dengan didukung oleh peritel regional dan Saudi yang memamerkan produk menakjubkan mereka, platform ini juga menawarkan pengusaha Saudi, termasuk para pemula, untuk menjadi bagian dari ekosistem digital yang tumbuh pesat," kata Alabbar.

Noon akan menjadi pesaing dari Souq.com, yang telah diakuisisi oleh raksasa online global Amazon pada Maret lalu. Souq sudah beroperasi di Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, dan Mesir. B

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement