Senin 01 Jan 2018 10:41 WIB

Kereta Api Cepat Madinah-Makkah Mulai Diuji Coba

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Proyek kereta api cepat Makkah-Madinah
Foto: constructionweekonline.com
Proyek kereta api cepat Makkah-Madinah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Transportasi dan Ketua Organisasi Kereta Api Saudi serta Perusahaan Kereta Api Saudi melakukan perjalanan pertama menggunakan Kereta Api Haramain berkecepatan tinggi. Mereka berangkat dari Stasiun Madinah ke Stasiun Makkah untuk memeriksa kesiapan proyek sebelum dibuka untuk publik.

Menteri Transportasi, Nabil Al-Amoudi mengatakan, proyek ini memiliki kepentingan strategis dan telah menarik perhatian dunia. Sebab, ini adalah proyek transportasi umum yang menghubungkan dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah.

"Manfaat besar lainnya untuk transportasi umrah, jamaah haji dan pengunjung. Proyek ini tentu memfasilitasi transportasi warga dan penduduk di kerajaan," kata Al-Amoudi, dilansir dari Arab News, Senin (1/1).

Presiden Organisasi Kereta Api Saudi, Dr. Rumaih Al-Rumaih membenarkan bahwa perjalanan dinas percontohan untuk rel kereta api berkecepatan tinggi akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang. Ia menerangkan, selama perjalanan dinas, beberapa penumpang akan diajak untuk mencoba layanan kereta api berkecepatan tinggi.

"Perjalanan ini akan meningkat secara bertahap sampai operasi komersial penuh, pekerjaan sedang dilakukan untuk menentukan harga tiket agar sesuai dan mencerminkan ukuran layanan yang disediakan dalam proyek ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement