Senin 15 Jan 2018 13:03 WIB

Saudi Luncurkan Layanan Transportasi untuk Guru Perempuan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Bus-bus di Arab Saudi
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Bus-bus di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Sebuah proyek penyediaan fasilitas transportasi untuk guru perempuan di sekolah umum akan diluncurkan di seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi untuk pertama kalinya. Hal itu akan dimulai seiring semester baru pada 21 Januari mendatang.

Dilansir dari Arab News, Senin (15/1), proyek tersebut bertujuan untuk melayani sekitar enam ribu guru. Proyek itu difokuskan untuk beberapa kota seperti Makkah, Madinah, Tabuk, Asir, dan Jazan. Rencananya, ada 36 rute yang berbeda dengan 61 bus untuk melayani 64 sekolah selam 3,5 tahun.

Tatweer Educational Transportation Services Co. (TTC), badan eksekutif Kementerian Pendidikan untuk transportasi sekolah, akan mempekerjakan kontraktor untuk melaksanakan proyek ini dan akan memastikan tingkat kenyamanan dan keselamatan tertinggi. Proyek ini melayani guru yang bekerja di sekolah sejauh 150-250 km dari tempat tinggal mereka, dengan biaya nominal senilai 500 Saudi Riyal (134 dolar) per bulan.

Bus akan dilengkapi dengan GPS untuk menyediakan data langsung terkait kecepatan, lokasi, rute dan durasi perjalanan bus. Di samping, kamera depan untuk memantau kondisi jalan, sistem penanggulangan kebakaran otomatis, dan kursi yang nyaman dan sabuk pengaman. Guru yang ingin mendaftarkan diri untuk layanan tersebut harus mengunjungi situs web TTC untuk mendapatkan keuntungan dari fasilitas tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement