Kamis 18 Jan 2018 06:00 WIB

Daerah Muslim di China Larang Anak-Anak dari Acara Keagamaan

Anak-anak Muslim Suku Uighur. Beristikamah di tengah keterbatasan akses informasi. (chinadigitaltimes.net)
Foto: .
Anak-anak Muslim Suku Uighur. Beristikamah di tengah keterbatasan akses informasi. (chinadigitaltimes.net)

IHRAM.CO.ID, BEIJING (Reuters) - Sebagian besar wilayah Muslim di China barat melarang anak-anak menghadiri acara keagamaan selama liburan musim dingin. Sebuah biro pendidikan mengatakan dalam sebuah pengumuman yang diumumkan secara online, saat ini pihak berwenang meningkatkan kontrol terhadap pendidikan agama.

"Siswa sekolah di kabupaten Linxia di provinsi Gansu, rumah bagi banyak anggota etnis minoritas Muslim Hui, dilarang memasuki gedung-gedung keagamaan selama istirahat mereka," kata sebuah biro pendidikan distrik, menurut notifikasi tersebut.

Seperti dilansir Reuters.com, "Para siswa juga tidak boleh membaca tulisan suci di kelas atau di gedung keagamaan," kata biro tersebut. Ia menambahkan bahwa semua siswa dan guru harus memperhatikan pemberitahuan tersebut dan bekerja untuk memperkuat ideologi dan propaganda politik. Namun, Reutersmengaku  tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian pemberitahuan tersebut.

Seorang pria yang menjawab telepon di biro pendidikan Linxia menutup telepon saat Reuters bertanya tentang pemberitahuan tersebut. Seorang wanita di biro pendidikan distrik menolak untuk mengomentari keaslian dokumen tersebut.

Xi Wuyi, seorang ilmuwan Marxis di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok yang didukung oleh negara dan seorang kritikus vokal atas meningkatnya pengaruh Islam di China, mengyatakab\n ada berbagi gambaran dan menyambut baik langkah yang jelas dari pihak berwenang.

"Dengan pemberitahuan tersebut, wilayah bagian tersebut mengambil tindakan nyata untuk menjaga agar agama dan pendidikan tetap terpisah dan tetap berpegang teguh pada hukum pendidikan," katanya di media sosial Weibo.

Peraturan baru tentang urusan agama yang dikeluarkan pada bulan Oktober tahun lalu. Dan ini akan mulai berlaku pada bulan Februari. Semua bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap pendidikan agama, dan memberikan peraturan aktivitas keagamaan yang lebih besar.

Musim panas yang lalu, sebuah larangan Sekolah Minggu diperkenalkan di kota tenggara Wenzhou, yang kadang-kadang dikenal sebagai "Yerusalem di China" karena populasi Kristennya yang besar. Namun orang tua Kristen menemukan cara untuk mengajar anak-anak mereka tentang agama mereka.

Hukum China secara resmi memberikan kebebasan beragama untuk semua. Tetapi peraturan tentang pendidikan dan perlindungan anak di bawah umur juga mengatakan bahwa agama tidak dapat digunakan untuk menghalangi pendidikan negara atau untuk "memaksa" anak untuk percaya.

Pihak berwenang di daerah-daerah bermasalah di China, seperti wilayah Xinjiang yang jauh di barat, tempat tinggal minoritas Muslim Uighur yang berbahasa Turki, telah melarang anak-anak menghadiri acara keagamaan. Tapi komunitas religius di tempat lain jarang menghadapi batasan-batasan.

Ketakutan akan pengaruh Muslim telah berkembang di China dalam beberapa tahun terakhir, sebagian dipicu oleh kekerasan di Xinjiang.

Hui yang berbahasa China, yang secara kultural lebih mirip dengan mayoritas Han China daripada orang Uighur, juga mendapat sorotan dari beberapa intelektual yang takut mempengaruhi pengaruh Islam terhadap masyarakat.

sumber : reuters.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement