Senin 22 Jan 2018 19:24 WIB

Musim Haji 2018, Lukman: Petugas Haji Naik 600 Orang

Pemerintah Indonesia memang meminta tambahan kuota mengingat tingginya minat berhaji.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil saat memberikan materi pembekalan kepada petugas haji Arab Saudi 1438H/2017 di Asrama Haji Pondok Gede (Ilustrasi)
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil saat memberikan materi pembekalan kepada petugas haji Arab Saudi 1438H/2017 di Asrama Haji Pondok Gede (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifullah mengatakan kuota haji pada 2018 ini naik dari semula 211 ribu jamaah menjadi 221 ribu jamaah. Bersamaan dengan kenaikan kouta haji itu, maka jumlah petugas haji pun bertambah 600 orang.

Kebijakan ini diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi pascapertemuan antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi pada akhir tahun lalu."Alhamdulillah kuota jamaah kita juga bertambah pada tahun ini," ujar Lukman di Gedung DPR RI, Senin (22/1)

Lukman mengatakan, bertambahnya kuota jamaah juga dibarengi dengan penambahan petugas haji. Tahun ini Kementerian Agama menambah 600 petugas haji. Jika pada 2017 ada 3.300 petugas haji tahun ini total petugas haji sebesar 4.100 petugas.

"Alhamdulillah pas pertemuan kemarin juga kuota petugas kita dapat tambahan. Kalau tahun lalu 3.300 sekarang 4.100 orang, jadi ada tambahan 600 petugas," ujar Lukman.

Lukman mengatakan, kuota haji indonesia pada 2018 mencapai 221 ribu jamaah. Jumlah tersebut terbagi atas 204 ribu jamaah haji reguler dan 17 ribu jamaah haji khusus. Dikatakannya, pemerintah Indonesia memang meminta tambahan kuota mengingat tingginya minat masyarakat untuk memunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Selain itu, Lukman juga mengatakan pihaknya meningkatkan fasilitas dalam negeri pada 2018 ini. Beberapa asrama haji di beberapa embarkasi dilakukan pengembangan kualitas. Paling tidak kata Lukman, kualitas Asrama Haji bisa sama seperti hotel yang akan dipakai oleh Jamaah saat di Tanah Suci nanti. "Kita lakukan pengembangan di embarkasi embarkasi dan asrama haji juga," ujar Lukman.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement