Rabu 24 Jan 2018 14:46 WIB

Maktour Sediakan Jasa Penerbangan Umrah

Dua pesawat Boeing 747-400 disewa untuk melayani jamaah umrah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Dirut Maktour Fuad Hasan Masyhur bersama direksi mencoba pesawat charter Terra Avia untuk jamaah umrah di Hanggar GMF,  Bandara Soekarno Hatta,  Rabu (24/1)
Foto: Ratna Ajeng Tejomukti / Republika
Dirut Maktour Fuad Hasan Masyhur bersama direksi mencoba pesawat charter Terra Avia untuk jamaah umrah di Hanggar GMF, Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/1)

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Biro Perjalanan Haji Khusus dan Umrah Maktour kini menyediakan layanan penerbangan umrah bekerja sama dengan Terra Avia.  Direktur Utama Biro Perjalanan Haji dan Umrah Maktour, Fuad Hasan Masyhur mengatakan telah menyewa dua pesawat Boeing 747-400 untuk melayani jamaah umrah di Indonesia.

"Kami telah menyewa dua pesawat paling baru buatan 2004 selama lima tahun untuk melayani jamaah umrah," ujar dia di Hanggar Pesawat GMF , Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/1).

Fuad mengatakan dari dua pesawat, yang akan digunakan untuk operasional hanya satu pesawat saja sedangkan satu lainnya digunakan sebagai cadangan jika pesawat utama terkendala. Saat ini Maktour sedang menunggu izin untuk jadwal penerbangan.

"Kami sedang meminta izin awal penerbangan dua kali satu pekan, mudah-mudahan Februari 2018 akan terbang perdana," jelas dia.

Menurut Fuad alasan Maktour membuka jasa layanan penerbangan adalah untuk menjawab permasalahan masyarakat yang selama ini terjadi terkait pemberangkatan umrah. Apalagi kabar terakhir terdapat 100 ribu korban jamaah umrah terlantar.

Dia menawarkan jasa penerbangan umrah dengan biaya murah tetapi dengan layanan maksimal. Selama ini komponen biaya umrah yang terbanyak adalah transportasi menelan hingga 60 persen.

Direktur Pengembangan Bisnis Maktour, Suryo Putra mengatakan pemerintah memperkirakan paket minimal umrah sekitar Rp 20 juta. Biaya penerbangan dapat menelan hingga Rp 12 juta.

"Kami bisa menjual harga tiket penerbangan dibawah Rp 12 juta lebih murah dibandingkan maskapai penerbangan lain,"ujar dia.

Terra Avia yang berbasis di Dubai ini biasa menerbangkan jamaah haji asal Afrika. Nantinya untuk melayani jamaah umrah, pesawat ini tidak transit tetapi langsung Jakarta- Jeddah dengan kapasitas 501 orang.

Setiap jamaah nantinya akan mendapatkan dua kali makan dan satu snack. Perjalanan umrah Jakarta -Jeddah akan memakan waktu selama 10 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement