Rabu 24 Jan 2018 21:06 WIB

Yayasan ICI Berangkatkan Lima Warga Sulteng Umrah

ni merupakan berkah dari kegiatan Palu dan Parigi berzikir

Jamaah umrah berswafoto dengan latar Kabah di Masjidil Haram.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Jamaah umrah berswafoto dengan latar Kabah di Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID,  PALU --  Yayasan Insan Cita Indonesia (ICI) memberangkatkan lima warga Provinsi Sulawesi Tengah sebagai jamaah umrah di awal tahun 2018. Mereka adalah Mahdi Ahmad (50) dan Ani Abd Rasyid (60) dari Kota Palu serta Faridah (39) dari Kabupaten Parigi Moutong, serta dua orang pendamping.

"Ini merupakan berkah dari kegiatan Palu berzikir dan Parigi berzikir beberapa waktu lalu," ungkap Ketua Yayasan ICI, Nilam Sari Lawira kepada sejumlah wartawan di Palu, Senin, (22/1).

Dalam kegiatan itu, pihaknya menyiapkan ucapan terima kasih dalam bentuk hadiah umrah, bagi mereka yang datang mengikuti kegiatan zikir tersebut. Bagi Nilam, secara pribadi, memberangkatkan umrah masyarakat Sulteng bukan sesuatu yang ingin dipublikasikan.

Tetapi, pihaknya sangat ingin menghindari fitnah, bahwa apa yang telah dijanjikan, akan berupaya untuk dapat merealisasikan secepat mungkin. "Usai merealisasikan janji saat ini, insya Allah, di Bulan Maret 2018, akan kembali melaksanakan kegiatan yang sama, di Kabupaten Donggala dan Sigi, dengan hadiah umrah bagi yang beruntung," ujarnya.

Kegiatan Palu berzikir dilaksanakan pada tanggal 10 November 2017 dan Parigi berzikir tanggal 11 November 2017, yang menghadirkan ustad Arifin Ilham Kegiatan itu, merupakan bagian dari upaya untuk memperjuangan Pue Lasadindi sebagai pahlawan nasional dari Sulteng, serta mendoakan semua ulama dan pejuang yang pernah berjuang di Sulteng.

"Rencananya hanya satu orang untuk Kota Palu, namun karena antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga ditambah menjadi dua orang," ungkap Nilam.

Sementara itu, Mahdi Ahmad menuturkan dirinya tidak pernah membayangkan untuk bisa menunaikan ibadah umrah. Awalnya dirinya hanya membantu menyebarkan informasi, tentang kegiatan Palu berzikir di wilayahnya, khususnya di Desa Wani, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala.

Honorer di SMK Al Amin Wani itu menuturkan, dirinya didatangi sahabat, untuk memintai tolong menyebarkan informasi zikir, yang dipimpin oleh ustad Arifin Ilham.

"Karena dimintai tolong untuk kegiatan ibadah, saya melaksanakan dengan ikhlas dan tanpa meminta imbalan apa pun," ujarnya.

Bagi Mahdi, hadiah umrah itu merupakan jawaban dari doa-doanya selama ini, yang sangat ingin mengunjungi tanah suci. "Walaupun saya miskin, saya tetap berdoa dan berharap untuk bisa beribadah ke tanah suci, dan Alhamdulillah itu diijabah Allah SWT, melalui perantara ibu Nilam Lawira," ujarnya.

Sesuai rencana, peserta umrah akan berangkat dari Kota Palu, Selasa (23/1) dan kembali tiba di Palu tanggal (1/2).Yayasan Insan Cita Indonesia didirikan di Kota Palu pada Mei 2017 lalu, dengan pendiri Nilam Sari Lawira. Nilam Sari merupakan akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako Palu, sekaligus Istri dari Legislator DPR RI Ahmad M Ali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement