Selasa 06 Feb 2018 14:45 WIB

Osama: Makkah dan Madinah Hanya Boleh Dikunjungi Umat Islam

Pria kelahiran Rusia-Israel, Ben Tzion unggah fotonya yang berpose di Masjid Nabawi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Masjid Nabawi
Foto: Republika/Karta Rahardja
Masjid Nabawi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menegaskan tak ada perubahan aturan berkunjung ke Makkah dan Madinah. Kunjungan ke kedua kota suci itu hanya boleh dilakukan oleh umat Islam.

"Peraturan sudah jelas, tak boleh masuk (ke sana) selain umat Islam," kata dia di Kedutaan Saudi, Jakarta, Selasa (6/2).

Hal itu menanggapi adanya pria Yahudi mempublikasi fotonya di Masjid Nabawi, Madinah pada November 2017. Osama beranggapan, apabila hal itu benar terjadi, ada kekhilafan dari sisi imigrasi.

Ia mengatakan, pemerintah dan imigrasi kesulitan memantau dan memeriksa secara detail setiap orang yang mengunjungi negaranya. Apalagi saat musim haji yang diikuti jutaan Muslim dari seluruh dunia. "Sehingga, pihak imigrasi sedikit kewalahan menginspeksi satu per satu," ujar Osama.

Kendati demikian, ia menegaskan secara hukum umat non-Islam tak diperbolehkan masuk ke Madinah dan Makkah. "Selain dua kota itu diperbolehkan, baik untuk wisata maupun bisnis," kata Osama.

Seorang pria kelahiran Rusia-Israel, Ben Tzion mengunggah fotonya yang berpose di Masjid Nabawi pada November 2017. Padahal, kota itu merupakan satu dari dua yang hanya boleh dikunjungi umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement