Jumat 09 Feb 2018 09:16 WIB

Pakistan Perketat Pengawasan Penyelenggara Haji Khusus

Setiap biro penyelenggara harus menyetorkan garansi kinerja sebesar lima persen

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Jamaah haji pakistan.
Foto: Dawn.com
Jamaah haji pakistan.

IHRAM.CO.ID,  KARACHI -- Ministry of Religious Affairs and Interfaith Harmony Pakistan memperbarui mekanisme pengawasan terhadap Kelompok Penyelenggara Haji (HGO) agar lebih ketat dan teliti. Kementerian mengatakan akan secara aktif memonitor paket haji khusus yang ditawarkan HGO.

Dilansir Research Snipers, Kamis (8/2) sumber otoritas mengatakan seksi pengawasan di Kementerian sudah ditingkatkan. Paket haji khusus akan diinspeksi dengan kebijakan yang ketat. Seksi ini bertanggung jawab mengawasi secara penuh kinerja HGO.

"Seksi pengawasan meregulasi HGO dan mengawasi penuh paket-paket hajinya," katanya. Tugas termasuk memonitor kelengkapan dokumen, memastikan pemeriksaan rekam jejak, dan mengimplementasikan standar prosedur operasi yang berlaku.

Kementerian juga terus berinisiatif agar HGO menurunkan harga paket haji khusus. Setiap biro penyelenggara harus menyetorkan garansi kinerja sebesar lima persen pada kementerian. Garansi ini diserahkan sebelum musim haji.

HGO baru harus menyerahkan 10 persen garansi. Jumlah ini akan dikembalikan setelah pelaksanaan haji jika HGO memiliki nilai kinerja baik dan memberi kepuasan penuh pada jamaah. "Tidak ada komplain atau apa pun dari jamaah," kata dia.

Setiap HGO juga harus menandatangani kontrak dengan setiap jamaah haji khusus terkait fasilitas yang akan mereka terima. Kementerian akan bertindak sebagai otoritas dan semua kebijakan kementerian bersifat final tanpa bisa diganggu gugat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement