Selasa 27 Feb 2018 11:04 WIB

Layanan Transportasi Umum Diluncurkan di Riyadh dan Jeddah

Penumpang cukup merogoh ongkos sebesar 3 Saudi Riyal per perjalanan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Bus-bus di Arab Saudi / Ilustrasi
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Bus-bus di Arab Saudi / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Para penumpang dan masyarakat Arab Saudi di Riyadh dan Jeddah akan memiliki layanan angkutan umum yang baru. Menurut komite tertinggi pada angkutan umum, layanan tersebut dimulai pada Selasa (27/2) waktu setempat. Untuk tarif yang telah ditetapkan, para penumpang cukup merogoh ongkos sebesar 3 Saudi Riyal per perjalanan.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (27/2), pengemudi yang sebelumnya mengemudikan haflas (bus mini) di Khat Al-Balad (rute di pusat kota) diminta untuk bekerja sama dengan Perusahaan Transportasi Umum Saudi (Saptco). Mereka dapat bekerja sama dalam medapatkan gaji bulanan atau mendapatkan pinjaman dari Bank Pembangunan Sosial untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Layanan Khat Al-Balad dihentikan oleh Dewan Menteri awal tahun ini, dan telah digantikan oleh sistem transportasi umum modern. Sistem transportasi umum Riyadh akan dikelola oleh perusahaan nasional di bawah pengawasan Komisi Tinggi untuk Pembangunan Riyadh. Sementara di Jeddah, layanan transportasi itu akan diawasi oleh Perusahaan Metro Jeddah.

Komite angkutan umum, yang dibentuk oleh Dewan Menteri, diketuai oleh Kepala Otoritas Transportasi Umum (PTA) dan mencakup perwakilan dari kementerian tenaga kerja dan pembangunan sosial, kotamadya dan perdesaan dan Direktur Jenderal Lalu Lintas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement