Selasa 27 Feb 2018 14:54 WIB

Afrika Selatan Dapat Tambahan 1.000 Kuota Haji

Kuota haji Afrika Selatan saat ini menjadi 3.500 jamaah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Jamaah bertawaf di sekeliling Ka'bah (Ilustrasi)
Foto: Khalil Hamra/AP
Jamaah bertawaf di sekeliling Ka'bah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DURBAN -- Afrika Selatan mendapat tambahan 1.000 kuota dalam musim haji 2018. Kementerian Arab Saudi menaikkan kuota perjalanan dari Afrika Selatan pada pekan lalu.

Dilansir dari South Africa's Premier Online News Source, pengumuman tersebut dibuat menyusul sebuah pertemuan protokol antara pejabat dewan ibadah haji dan umrah (Sahuc) dan Arab Saudi. Kuota tersebut meningkat 1.000 slot. Kuota asli Afrika Selatan adalah 2.500, sehingga peningkatan menjadi 3.500 kursi.

Ziarah tahunan mendorong ribuan umat Islam mengajukan pendaftaran haji setiap tahun. Hal itu membuat banyak Muslim masuk daftar tunggu yang panjang untuk beribadah haji. Muslim diharapkan bisa melaksanakan ibadah haji, setidaknya sekali dalam seumur hidup jika mampu.

Penduduk Newlands, Durban Saleem (60 tahun) dan istrinya, Hawa Moosa (70) termasuk di antara calon jamaah yang beruntung masuk dalam kuota tamabahan. Pasangan itu sudah menunggu selama lima tahun agar bisa ke Tanah Suci. "Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi kami," kata Saleem.

Dia menceritakan, informasi berangkat haji diterima dari anak perempuannya, Shabnum. Ia mengatakan, Shabnum menerima pesan singkat yang menyatakan orang tuanya masuk dalam kuota calon haji yang berangkat 2018.

"Dia membangunkan kami pukul 03.00 (waktu setempat) dengan kabar baik, dan kami sangat emosional sehingga kami mulai menangis," ujar dia.

Saleem mengatakan, berangkat ke Tanah Suci adalah impiannya dan istri sejak lama. Ia sangat bahagia ketika akhirnya bisa berangkat haji. Periode haji tahun ini, dimulai pada Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement