Sabtu 10 Mar 2018 00:03 WIB

713 Calon Jamaah Haji Tangsel Ikuti Tes Kebugaran

Kebugaran fisik sangat penting untuk meminimalkan masalah kesehatan.

Jamaah haji Indonesia menuju lokasi jumrah Aqabah
Foto: Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji Indonesia menuju lokasi jumrah Aqabah

IHRAM.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Sebanyak 713 orang calon jamaah haji akan mengikuti tes kebugaran yang diselenggarakan di RSU Kota Tangerang Selatan.

"Tes kesehatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 tentang istithaah kesehatan haji," kata Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan, Muhamad saat memberikan arahan di RSU Kota Tangerang Selatan, Jumat (9/3).

Muhamad menjelaskan istithaah merupakan keadaan siap atau mampu yang dimiliki para calon jamaah. "Bukan hanya mampu secara ekonomi, tetapi juga secara fisik," kata Muhamad.

Karenanya, lanjut Muhamad, istithaah kesehatan merupakan hal penting bagi setiap calon jamaah yang akan menunaikan ibadah haji. Terlebih, nantinya jamaah akan mengunjungi negara yang memiliki iklim yang berbeda dari Indonesia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Suhara Manullang menjelaskan berbagai tes akan dilakukan tim dari RSU Kota Tangsel untuk nantinya akan merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik. "Kebugaran fisik sangat penting untuk meminimalkan masalah kesehatan yang bisa saja dialami jamaah, misalnya gangguan jantung dan obesitas," kata Suhara yang juga menjabat sebagai Direktur RSU Kota Tangsel.

Dia juga menjelaskan ada tiga tujuan terlaksananya pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jamaah haji dalam upaya menuju istithaah. Pertama, terlaksananya kesehatan masa keberangkatan.

Kedua, terlaksananya pendekatan keluarga dan koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam proses pemeriksaan kesehatan jamaah haji. Ketiga, terlaksananya peran serta masyarakat dan profesional dalam pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement