Senin 09 Apr 2018 20:16 WIB

Kemenag Optimistis Indeks Kepuasan Jamaah Jadi 85 Persen

Kemenag selalu optimal dalam memberikan pelayanan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Dirjen PHU Nizar Ali bersama Dirut Garuda Indonesia dan GM Hajj-Umrah Saudia Airlines jelang penandatanganan Perjanjian Penerbangan Haji 2018.
Foto: kemenag.go.id
Dirjen PHU Nizar Ali bersama Dirut Garuda Indonesia dan GM Hajj-Umrah Saudia Airlines jelang penandatanganan Perjanjian Penerbangan Haji 2018.

IHRAM.CO.ID, BOGOR -- Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara pembukaan Diseminasi Advokasi Haji dengan tema 'Dari Jamaah Untuk Jamaah' di Kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (9/4). Kegiatan ini dihadiri para pejabat Kemenag daerah Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok dari unsur KUA, Penyuluh, KBIH dan Kasi Haji.

Dirjen PHU Nizar Ali  mengatakan, kegiatan diseminasi advokasi haji penting dilakukan untuk meningkatkan perlindungan, pelayanan dan pembinaan jamaah haji. Sehingga, bisa meningkatkan indeks kepuasan jamaah haji dalam survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) setiap tahunnya.

Pihaknya menargetkan indeks kepuasan jamaah haji tahun ini meningkat setiap tahunnya. Karena itu, dalam penyelenggaraan ibadah haji 2018, pihaknya optimis meningkat menjadi 85 persen.

"Kami optimistis angka indeks kepuasan jamaah haji mampu menembus indeks 85 persen, Amiin," ujar Nizar saat menghadiri kegiatan Diseminasi Advokasi Haji di Kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (9/4).

Dalam survei tahun lalu, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun 2017 juga meningkat 1,02 persen dari 2016 sebesar 83,83 persen menjadi 84,85 persen. Menurut Nizar, peningkatan tersebut terjadi lantaran Kemenag selalu optimal dalam memberikan pelayanan.

"Kementerian Agama selalu optimal memberikan layanan-layanan, Alhamdulillah sejak tahun 2014 indeks kepuasan jamaah terus meningkat," kata Nizar.

Nizar menuturkan, sejak tahun 2010 dimulainya survei kepuasan jamaah haji hingga 2014, hasil survei itu mengalami fluktuatif. Pada 2010, indeks kepuasan jamaah haji sebesar 81,45 persen. Kemudian, mengalami kenaikan menjadi 83,31 persen pada 2011.

Pada 2012, indeks kepuasan jamaah haji sempat mengalami penurunan menjadi 81,32 persen. Namun, pada 2013 indeks kepuasan jamaah haji kembali naik menjadi 82,67 persen. Pada 2014, indeks kepuasan jamaah haji tercatat turun lagi menjadi 81,52 persen. Sejak saat itu, pelayanan terus diperbaiki oleh Kemenag, sehingga pada 2015 hingga 2017 indeks kepuasan jamaah haji terus meningkat hingga 84,85 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement