Ahad 06 May 2018 21:17 WIB

Revitalisasi KUA Diminta Tingkatkan Kualitas Manasik Haji

Lebih dari 850 Balai Nikah dan Manasik Haji diresmikan.

Rep: Novita Intan/ Red: Ani Nursalikah
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) terus meningkatkan sarana dan prasarana Kantor Urusan Agama (KUA) berupa pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji. Lebih dari 850 gedung baru sudah diresmikan. Peresmian terkini adalah 19 Balai Nikah dan Manasik Haji di Kalimantan Tengah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta revitalisasi KUA berdampak pada peningkatan kualitas manasik bagi jamaah haji. "Balai Nikah dan Manasik Haji agar dapat difungsikan secara maksimal, tidak hanya memberikan penerangan soal perjalanan haji, tapi juga pemaknaan haji itu sendiri," ujarnya dalam keterangan, Ahad (6/5).

"Kualitas pemahaman harus ditingkatkan, tidak hanya tentang tata cara ibadah, tapi tidak kalah penting juga tentang filosofi haji," katanya.

Menurutnya, semua jamaah berkeinginan memperoleh kemabruran. Untuk itu, keberadaan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA diharapkan bisa ikut membantu mereka dalam penguatan bimbingan ibadah sehingga jamaah lebih bisa memahami manasik dan filosofi prosesi haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement