Kamis 24 May 2018 17:15 WIB

Banyak Kenikmatan Umrah di Bulan Ramadhan

Jamaah bisa membaca Alquran bersama jamaah dari negara lain.

Ilustrasi Jamaah Umrah
Foto: EPA/MIKE NELSON
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Biro Perjalanan AliaGo Travel mengungkapkan banyak kenikmatan yang dirasakan jamaah saat beribadah umrah di bulan suci ramadhan.

"Banyak kenikmatan yang bisa didapat jamaah umrah," kata Kepala cabang AliaGo Travel Kebayoran Vivi Adil kepada Republika.co.id, Rabu (23/5).

Ia menjabarkan, salah satu hal yang menarik yakni merasakan bagaimana berlomba-lomba beritikaf di dalam masjid. Ramadhan adalah momentum berbagi bagi warga Arab Saudi.

Selain itu, jamaah bisa membaca Alquran bersama jamaah dari negara lain. Interaksi dan kebersamaan antara jamaah dari negara berbeda begitu terasa.

Vivi mengatakan, antusiasme masyarakat beribadah umrah pada bulan ramadhan lebih tinggi daripada bulan-bulan biasa. Sebab, sebagian besar jamaah ingin menikmati keutamaan ramadhan di Tanah Suci.

"Karena bulan ini kan bulan penuh berkah. Banyak juga yang berharap bisa bertemu lailatul qadar di Tanah Suci," ujar Vivi.

Menurut dia, jamaah bisa mendapat pengalaman berbuka puasa di Saudi yang berbeda dengan di Tanah Air. Di Saudi, setiap orang berlomba memberi kurma pada sesorang. Pun tidak boleh ada yang menolak saat ditawarkan sebiji kurma.

Kendati demikian, ia mengatakan, biaya umrah saat Ramadhan lebih mahal dua kali lipat dari bulan-bulan biasa. Hal itu lantaran banyak umat Islam ingin mengejar kenikmatan ramadhan di tanah Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement