Jumat 01 Jun 2018 07:09 WIB

Tahun ini Koper Jamaah Haji Akan Diantar Hingga ke Hotel 


Jarak terjauh hotel di Makkah dari Masjidil Haram adalah 4.390m.

Rep: novita intan/ Red: Muhammad Subarkah
Jamaah haji Indonesia  di Hotel Al Wada Madinah.
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia di Hotel Al Wada Madinah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan persiapan layanan bagi para jamaah haji. Tahun ini, para jamaah tidak perlu membawa koper dari lobby hingga ke kamar hotel.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis. mengatakan koper para jamaah haji akan diantar hingga kamar hotel mereka. Hal ini merupakan salah satu peningkatan tahun ini di Makkah.

"Tahun lalu, angkut koper dari lobby hotel ke kamar dilakukan oleh jemaah. Tahun ini kita minta pemilik hotel sediakan petugas angkut koper jemaah dari lobby ke kamar," jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/6).

Sri Ilham juga memastikan sejumlah layanan yang sudah berjalan dengan baik pada tahun lalu,  tetap berjalan tahun ini. Salah satunya adalah keharusan pihak hotel untuk menyediakan air mineral sebanyak satu liter per hari.

Kemenag telah menyewa 165 hotel di Makkah dan 107 hotel di Madinah. Secara kualitas, hotel yang disewa minimal setara bintang tiga. Jarak terjauh hotel di Makkah dari Masjidil Haram adalah 4.390m.

Sedang jarak terdekat 900m. Untuk di Madinah,  jarak terjauh dari Masjid Nabawi adalah 650m. “Semua masuk wilayah markaziah," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement