Rabu 04 Jul 2018 08:21 WIB

122 Calon Haji Barsel Ikuti Manasik

manasik merupakan upaya pembinaan dan pembekalan kepada jamaah calon haji.

Manasik Haji
Foto: Antara
Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Sebanyak 122 jamaah calon haji asal Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang akan diberangkatkan pada 2018 mengikuti bimbingan manasik haji.

Kepala Kantor Kementrian Agama Barito Selatan, Abdul Majid Rahimi mengatakan kegiatan manasik merupakan upaya pembinaan dan pembekalan kepada jamaah calon haji.

"Hal tersebut untuk menambah, dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan ibadah haji sehingga apa yang dilaksanakan nantinya tidak akan sia-sia," ucapnya.

Dikatakan, bimbingan manasik haji ini sangat penting dilaksanakan agar jamaah calon haji bisa menguasai semua petunjuk, dan ketentuan tentang keabsahan haji. "Kalau ketentuan tersebut tidak diikuti, maka ibadah haji tidak sah, dan semua pengorbanan jamaah akan sia-sia, ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 2018 ini sebanyak 122 orang, termasuk didalamnya 2 orang jamaah calon haji cadangan.

Adapun rincian calon jamaah haji Barito Selatan dari kecamatan Dusun Selatan sebanyak 67 orang, Kecamatan Dusun Hilir 16 orang, dari kecamatan Dusun Utara sebanyak 4 orang."Dari kecamatan Karau Kuala sebanyak sebanyak 15 orang, kecamatan Jenamas 16 orang, dan dari Gunung Bintang Awai sebanyak 4 orang sehingga totalnya sebanyak 122 orang," tambah Abdul Majid Rahimi.

Sementara Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada seluruh calon jamaah haji Kabupaten Barito Selatan yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

"Kita mengharapkan  kepada calon jamaah haji agar menyiapkan diri, baik persiapan fisik maupun mental," ujar Wakil Bupati.

Disamping itu juga harus memahami tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga para calon jamaah dapat menunaikan ibadah haji sesuai ketentuan syariat Islam, dan dapat mengerjakan seluruh syarat, serta rukun dengan sempurna.

Untuk itu ia berpesan kepada para jamaah calon haji Barito Selatan agar dapat mengikuti bimbingan manasik haji ini dengan baik sehingga petunjuk, dan ketentuan tentang haji bisa dilaksanakan dengan baik pada saat melaksanakan ibadah haji.

Acara bimbingan manasik haji yang berlangsung di aula Kantor Kementrian Agama kabupaten setempat tersebut dihadiri Sekda Barito Selatan, Edi Kristianto, dan calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 1439 Hijriyah atau 2018 ini.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement