Selasa 10 Jul 2018 16:00 WIB

Pemkot Bandung Hibahkan Rp 1,7 M untuk Pelayanan Jamaah Haji

Dana hibah digunakan untuk transportasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Haji Indonesia.
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah Haji Indonesia.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan dana melalui bantuan hibah sebesar Rp 1,7 miliar. Bantuan hibah ini untuk pelayanan jamaah haji asal Kota Bandung.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Pemkot Bandung Tatang Muhtar mengatakan Pemkot terus berusaha memberikan kenyamanan kepada calaon jamaah haji asal Kota Bandung. Dana hibah ini digunakan untuk transportasi keberangkatan dan kepulangan jamaah haji Kota Bandung.

"Tahun ini, Kota Bandung memberikan dana melalui bantuan hibah sebesar Rp 1,7 miliar. Sedangkan tahun sebelumnya, Pemkot Bandung juga mengucurkan dana Rp 1,6 miliar," kata Tatang saat menghadiri Pelepasan Calon Jamaah Haji Kota Bandung 1439 H/2018 M sekaligus Pembukaan Bimbingan Manasik Haji, di Masjid Pusdai Jalan Diponogoro, Selasa (10/7).

Tatang mengatakan, kuota jamaah haji Kota Bandung tahun ini meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Pada 2017, kuota haji Kota Bandung sebanyak 1.731 orang.

Jumlah jamaah haji tahun ini menjadi 2.464 orang yang terdiri dari 1.069 laki-laki dan 1.395 perempuan. Jumlah tersebut ditambah sembilan orang dari Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) Kota Bandung sehingga berjumlah 2.473 orang.

Sedangkan petugas kloter asal Kota Bandung yang menjadi Tim pembimbing haji Indonesia (TPHI) enam orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) empat orang dan Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) sembilan orang. Sedangkan ketua rombongan (karom) sebanyak 246 orang dan ketua regu (karu) sebanyak 60 orang.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial hadir dalam pelepasan manasik haji tersebut. Oded mengucapkan selamat kepada calon jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

“Mudah-mudahan, sebagai tamu Allah tahun ini dapat panggilan untuk melaksanakan amanah suci dengan tertib dan nyaman,” katanya.

Oded pun mendoakan calon jamaah yang akan berangkat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Ia berpesan, selama melaksanakan ibadah haji, jamaah menyiapkan fisik, mental dan spiritual yang kuat.

“Menjalankan sebuah ibadah tentu saja harus menyiapkan fisik dan mental juga spiritual. Maka dari itu saya pesan, persiapkan saja tiga hal itu,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum DPD MUI Kota Bandung, Miftah Faridl, Ketua IPHI Kota Bandung Hudaya Prawira Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Bandung Hotimul Manan dan para petugas serta calon jamaah haji peserta manasik haji 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement