Selasa 10 Jul 2018 17:15 WIB

Bandara Jeddah Siap Sambut Kedatangan Pertama Jamaah Haji

Bandara tersebut diperkirakan menerima dua juta jamaah selama musim haji.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji di loket imigrasi Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Mast Irham/EPA
Jamaah haji di loket imigrasi Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Bandara International King Abdulaziz Jeddah (KAIA) sedang sibuk mempersiapkan penyambutan jamaah haji tahun ini. Aktivitas padat meliputi pemeriksaan di segala tempat sebelum musim haji dimulai pada Sabtu pekan ini.

Bandara tersebut diperkirakan menerima dua juta jamaah selama musim haji. Perwakilan dari departemen pemerintahan terkait bertemu di bandara untuk mendiskusikan rencana operasional musim haji.

Direktur Jenderal KAIA Ismael Fuad mengatakan mereka berkomitmen mengerahkan segala tenaga untuk kesuksesan pelaksanaan haji tahun ini agar jamaah mendapatkan pelayanan terbaik dari pemerintah Saudi.  Rencana operasional tahun ini akan diterapkan dibawah pengawasan General Authority for Civil Aviation (GACA). Sejumlah departemen pemerintahan dan lembaga swasta ikut dalam kerjasama pelayanan.

Kementerian Haji dan Umrah telah selesai mempersiapkan akomodasi jamaah di dua kota suci Makkah dan Madinah. Para pejabat dari kementerian menggelar pertemuan dengan perwakilan misi haji luar negeri untuk menyelesaian terakhir.

Mereka memastikan semuanya rampung sepekan sebelum jamaah tiba. Direktur Jenderal Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Marwan Al-Sulaimani juga melakukan pertemuan terpisah dengan pejabat negara dengan jumlah jamaah signifikan.

"Kerajaan Saudi ingin memperluas prosedur elektronik visa haji seperti yang telah dilakukan sebelumnya pada negera tertentu, juga memisahkan jamaah dengan identifikasi khusus untuk kategori tertentu dan membuat mereka lebih nyaman tinggal di Saudi," katanya dilansir di Saudi Gazette, Senin (9/7).

Kementerian juga memberi saran pada misi haji luar negeri untuk memperkuat orientasi dan program pelatihan. Terkait dengan pemahaman keagamaan, peraturan di Saudi, kesadaran lingkungan, keamanan dan kesehatan.

Ia mengatakan kementerian total telah menggelar pertemuan dengan delegasi haji dari lebih 50 negara. Kedatangan calon jamaah haji pertama akan dilaksanakan pada 14 Juli di bandara Jeddah dan Madinah dari India, Pakistan dan Bangladesh.

Diplomat Pakistan, Arshad Muneer mengatakan kloter pertama jamaahnya akan tiba di Madinah pada Sabtu. Kloter lain ada juga yang mendarat di Jeddah di hari yang sama. Pakistan akan mengirimkan 184.210 jamaah tahun ini.

Konsul Haji India, Shahid Alam mengatakan jamaah dari India juga akan tiba di Madinah pada hari Sabtu. Sebanyak 128.702 akan berangkat dalam skema haji pemerintah sementara 46.323 berada dibawah naungan perusahaan swasta.

Kedatangan pertama jamaah India di Jeddah akan dilakukan pada 29 Juli dari Chennai. Selain itu, jamaah Bangladesh juga akan tiba di Jeddah pada Sabtu. Konsul Haji Bangladesh, Maqsud Rahman mengatakan total 127.198 berangkat tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement