Jumat 13 Jul 2018 17:22 WIB

Kemenag: Asrama Haji Siap Layani Jamaah Haji

PPIH embarkasi juga telah siap melayani jamaah berangkat ke tanah suci

Rep: Muhyiddin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas merapihkan kamar calon jamaah haji di Asrama Haji Embakarsi Jakarta-Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas merapihkan kamar calon jamaah haji di Asrama Haji Embakarsi Jakarta-Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan calon jamaah haji Indonesia akan mulai memasuki asrama haji embarkasi pada Senin (16/7) mendatang. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengatakan bahwa seluruh asrama haji embarkasi sudah siap untuk melayani jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci, termasuk Asrama Haji Pondok Gede Jakarta dan Asrama Haji Bekasi. 

"Kesiapannya sudah siap untuk melayani jamaah haji. Cuma sekarang masih pemeriksaan lingkungan terakhir. Jadi masih berjalan. Tapi insyaAllah sudah semua lah kondisi Asrama haji," ujar Ahda saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (13/7).

Dia mengatakan bahwa kesiapan asrama haji memang harus dilakukan lebih awal, sehingga segala yang kurang masih bisa dibenahi, seperti dapur dan ruang makan. "Jadi ini masih sambil berbenah tapi hanya tinggal sedikit-sedikit. Misalnya dapur kurang dikit, kemudian ruang makan kurang dikit itu biasa lah," ucapnya. 

Selain itu, kata dia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi juga sudah siap melayani calon jamaah haji untuk berangkat ke tanah suci. Setelah jamaah masuk ke asrama, masing-masing Embarkasi akan disterilkan. Kata dia, keluarga yang mengantarkan tidak boleh masuk asrama haji kecuali petugas dan wartawan.

"Panitianya PPIH Embarkasi semuanya juga sudah dilantik terakhir tanggal 12 kemarin. Failiitias juga sudah disiapkan semua," katanya.

Secara umum, tambah dia, kesiapan layanan jamaah haji di dalam negeri sudah dipersiapkan dengan matang, termasuk soal pengurusan visa. Menurut dia, sampai saat ini sudah ada 82 ribu visa yang selesai diurus. 

"Yang sudah diproses ada 28 ribu visa atau 220 kloter. Yang belum ini lagi proses karen e-Hajj nya kan baru buka dua minggu yang lalu," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa pemberangkatan jamaah haji akan dilakukan di Asrama Haji Embarkasi Jakarta pada Selasa (17/7) pagi dengan penerbangan pukul 09.00 pagi menggunakan maskapai Garuda. Dia pun mengimbau agar jamaah haji selalu menjaga kondisi kesehatannya. 

"Imbauannya yang jelas jaga kesehatan. Banyak minum air putih. Jadi yang penting jaga kesehatan lah intinya. Dan sebelum masuk asrama haji yang pertama juga  jangan dibuat lelah," kata Ahda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement