Jumat 13 Jul 2018 19:10 WIB

Dokumen Jamaah Haji Gelombang Pertama Hampir Rampung

Sebanyak 85 ribu dokumen jamaah reguler telah siap.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Petugas menyiapkan paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/7). Pantia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan dan pemulanganan jamaah haji sebanyak 36.640 jamaah yang terdiri dari 35.270 JCH dari Provinsi Jawa Timur, 700 JCH dari Provinsi Bali serta 670  JCH dari Provinsi NTT. ANTARA FOTO/Moch Asim/Spt/17
Foto: ANTARA FOTO
Petugas menyiapkan paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/7). Pantia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan dan pemulanganan jamaah haji sebanyak 36.640 jamaah yang terdiri dari 35.270 JCH dari Provinsi Jawa Timur, 700 JCH dari Provinsi Bali serta 670 JCH dari Provinsi NTT. ANTARA FOTO/Moch Asim/Spt/17

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dokumen dan perlengkapan jamaah haji Indonesia 2018 hampir rampung, Jumat (13/7). Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Kementerian Agama, Nasrullah Jasam mengatakan dokumen jamaah seluruh gelombang keberangkatan sudah hampir selesai, terutama untuk jamaah gelombang pertama.

Jamaah gelombang pertama terdiri dari 250 kloter. Nasrullah menyampaikan Indonesia memberangkatkan total 507 kloter yang dibagi dalam dua gelombang keberangkatan.

 

Proses pemberangkatan gelombang pertama akan mulai berlangsung pada 17 Juli 2018. Pemberangkatan gelombang pertama ini berlangsung 13 hari dari 17-29 Juli 2018. Jamaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

 

Proses pemberangkatannya berlangsung selama 17 hari dari 30 Juli-15 Agustus 2018. Total jamaah reguler yang difasilitasi pemerintah berjumlah sekitar 204 ribu orang. Sisanya difasilitasi biro perjalanan swasta sebagai jamaah haji khusus.

 

"Sebanyak 85 ribu dokumen jamaah reguler telah siap dan mulai diambil oleh otoritas provinsi untuk dibagikan pada jamaah," kata Nasrullah pada Republika.co.id.

 

Ia menambahkan, dokumen jamaah dari sekitar 220 kloter sudah siap termasuk dokumen jamaah yang akan berangkat pada hari pertama hingga 10. Sisanya menyusul sambil terus melakukan pemeriksaan dan pembaharuan.

Baca juga: Jamaah Haji Diminta Jaga Baik-Baik Dokumen Identitas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement