Jumat 13 Jul 2018 21:37 WIB

Tasikmalaya Lepas 762 Calon Haji

Jamaah haji itu terbagi lima kelompok terbang.

Pelaksanaan ibadah haji di Makkah.
Foto: reuters
Pelaksanaan ibadah haji di Makkah.

IHRAM.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, secara resmi melakukan pelepasan terhadap 762 calon haji asal Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang terbagi dalam lima kelompok terbang pemberangkatan untuk menunaikan ibadah haji.

"Jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat dari kuota (jatah) 654, namun kami ada gabungan dari Kabupaten Tasikmalaya, jadi jumlahnya sebanyak 762 orang," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Hilmi Rifai saat pelepasan jamaah haji di Masjid Agung Tasikmalaya, Jumat (13/7).

Ia menuturkan, jamaah haji itu terbagi lima kelompok terbang, yakni kloter 2, 41, 48, 82 dan kloter 92. Untuk kloter 2 dijadwalkan berangkat pertama pada 16 Juli 2018, selanjutnya pemberangkatan pada 28 dan 30 Juli, kemudian pemberangkatan pada 13 dan 15 Agustus 2018.

Pelepasan calon jamaah haji tersebut sengaja dilaksanakan sebelumnya agar saat hari pemberangkatan tidak ada lagi acara yang sifatnya seremonial. "Pada hari H-nya tidak ada lagi seremonial, kami fokus untuk berangkat," katanya.

Hilmi mengungkapkan, selama ini tidak ada kendala dalam proses persiapan pemberangkatan jamaah haji asal Kota Tasikmalaya. Calon haji yang sebelum penetapan kloter meninggal dunia, kata dia, sudah diisi lagi oleh calon haji lainnya sehingga kuotanya tidak berkurang.

"Memang ada yang meninggal dunia tapi sudah diisi lagi oleh jamaah lainnya, itu hanya satu orang," katanya.

Ia menambahkan, penyelenggara haji Kota Tasikmalaya sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memberi pembinaan dan memantau kesehatan jamaah agar saat pemberangkatan tetap sehat. Terkait visa jamaah, sudah selesai, tidak ditemukan masalah seperti yang terjadi tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya bahkan dulu saat H-2 pemberangkatan belum ada kepastian visa," katanya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman menambahkan, para calon haji harus tetap semangat dan memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan banyak pahala selama menunaikan ibadah. Ia menyampaikan, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk pergi menunaikan ibadah haji. Untuk itu jamaah haji yang bisa berangkat saat ini harus bersyukur dan beribadah secara maksimal.

"Berdoalah di sana sebanyak-banyaknya, doakan seluruh masyarakat Tasikmalaya, Indonesia, umat Islam khususnya supaya penuh keberkahan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement