Rabu 18 Jul 2018 21:16 WIB

Pesan Khusus Menag untuk Jamaah Haji Indonesia

gelombang pertama pemberangkatan jamaah haji Indonesia telah dilakukan pada Selasa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Saifuddin mengatakan penyelenggaraan ibadah haji 2018 sejauh ini masih lancar. Menurut dia, jamaah haji saat ini sedang diberangkat secara bertahap ke Arab Saudi untuk bertamu ke rumah Allah.

"Alhamdulillah haji semua berjalan lancar dan terus bertahap setiap hari diterbangkan kloter demi kloter," ujar Lukman saat ditemui usai menghadiri acara Annual Coneference on Research Proposal (ACRP) di Hotel Aston Bogor, Rabu (18/7).

Lukman menuturkan, gelombang pertama pemberangkatan jamaah haji Indonesia telah dilakukan pada Selasa (17/7) kemarin. Proses pemberangkatan dari Asrama Haji tersebut akan berlangsung hingga 29 Juli 2018 mendatang.

"Sampai nanti 29 Juli suluruh gelombang pertama akan diberangkatkan dari tanah air ke tanah suci, sedangkan untuk 30 Juli sampai 15 Agustus gelombang kedua akan diberangkatkan untuk menuju tanah suci," ucap Lukman.

Lukman pun berpesan kepada jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan dan menjalani pola hidup sehat saat  melaksanakan ibadah haji. Selain itu, kata dia, jamaah haji juga diharapkan bisa beristihat dengan cukup.

"Pesan khusus ada dua hal yaitu, tetap jaga kesehatan lakukan pola hidup sehat cara mengkonsumsi makanan, lalu istirahat yang cukup dan seterusnya. Kedua senantiasa memperdalam manasik haji itu, lalu kemudian seluruh rukun seluruh kewajiban-kewajiban haji bisa dilakukan," kata Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement