Jumat 27 Jul 2018 11:51 WIB

Obat-obatan Gratis Disiapkan di Bir Ali

Petugas khusus dari Arab Saudi ditugaskan membantu jamaah asal Indonesia.

Jamaah Indonesia berhenti sejenak di Bir Ali, Madinah, guna membaca niat ihram dan shalat dua rakaat sebelum menuju Makkah, Kamis (26/7).
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah Indonesia berhenti sejenak di Bir Ali, Madinah, guna membaca niat ihram dan shalat dua rakaat sebelum menuju Makkah, Kamis (26/7).

Laporan Wartawan Republika.co.id, Fitriyan Zamzami dari Madinah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Jamaah haji Indonesia sudah mulai bergerak ke Bir Ali sejak Kamis (26/7). Buat yang mengalami kendala kesehatan ringan setibanya di pos miqat Bir Ali, ada layanan kesehatan dan obat-obatan gratis di sana. “Khususnya untuk jamaah Indonesia, ada obat sakit kepala, sakit perut, dan sebagainya,” kata Hasan, seorang tenaga medis Arab Saudi di Bir Ali.

Ia bersama dua rekan lainnya berjaga-jaga di bagian dalam menuju tempat wudhu di Masjid Bir Ali. Bersama mereka ada troli berisi berbagai obat. Pakaian mereka laiknya petugas paramedis umumnya di Arab Saudi yang berwarna hijau.

Hasan menjelaskan, mereka secara khusus ditugaskan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk membantu jamaah di Bir Ali. Sebanyak 16 kloter atau 6.616 jamaah haji Indonesia pada Jumat (27/7) ini akan diberangkatkan menuju kota Makkah. Mereka diangkut menggunakan 150 bus. Pemberangkatan pertama dimulai pukul 07.00 waktu setempat.

Jamaah yang akan diberangkatkan berasal dari Kloter 4 dan Kloter 3 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Kloter 1 Batam, dan Kloter 4 Surabaya. “Selanjutnya empat kloter diberangkatkan pukul 09.00 WAS yakni UPG-2, SOC-5, SUB-5, dan SUB-6,” kata Kadaker Madinah Mukhammad Khanif, Kamis (26/07) malam waktu setempat.

Kemudian lima kloter akan diberangkatkan pukul 14.00 waktu setempat. Di antaranya dari Kloter 6 Embarkasi Solo, Kloter 2 Palembang, Kloter 3 Makassar, dan Kloter 5 Jakarta-Bekasi. “Sisanya yakni tiga kloter SOC-8 (Kloter 8 Solo), JKS-6 (Kloter 6 Jakarta-Bekasi) dan JKS-7 (Kloter 7 Jakarta-Bekasi) diberangkatkan pukul 16.00 WAS,” ujar Khanif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement