Senin 30 Jul 2018 12:04 WIB

Angkasa Pura I Berangkatkan 45.343 Calon Jamaah Haji

sejak 17 Juli hingga 29 Juli, di Bandara Juanda telah berangkat 16.581 calon jamaah.

Rep: Novita Intan/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas maskapai  Saudi Airlines  melakukan pemeriksaan  calon haji saat  menikmati layanan sistem baru keimigarsian  untuk Saudia Airlines di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang , Banteng, Selasa (17/7) malam. 410 jamaah calon haji pertama embarkasi Jawa Barat  menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Petugas maskapai Saudi Airlines melakukan pemeriksaan calon haji saat menikmati layanan sistem baru keimigarsian untuk Saudia Airlines di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang , Banteng, Selasa (17/7) malam. 410 jamaah calon haji pertama embarkasi Jawa Barat menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) memberangkatkan 45.343 calon jamaah haji dengan total 111 kelompok terbang (kloter) pada Angkutan Haji 2018 periode 17-29 Juli 2018, melalui enam bandara yang dikelolanya. Adapun enam bandara yang dijadikan embarkasi haji pada tahun ini yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan mengatakan sejak 17 Juli hingga 29 Juli, di Bandara Juanda telah berangkat 16.581 calon jamaah haji dengan 37 kloter. Sedangkan di Bandara Adi Soemarmo Solo telah berangkat 14.700 calon jamaah haji dengan 41 kloter, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar diberangkatkan 7.254 calon jamaah haji dengan 16 kloter, dan di Bandara Lombok Praya telah diberangkatkan 3.626 calon jamaah haji dengan delapan kloter.

Selanjutnya di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah diberangkatkan 2.264 calon jamaah haji dengan tujuh kloter. Sedangkan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diberangkatkan 918 calon jamaah haji dengan dua kloter.

Baca: Jamaah Diingatkan Pakai Ihram di Tanah Air

"Secara umum hingga hari ke-sembilan pelaksanaan dan pelayanan Angkutan Haji 2018 di ke-enam bandara kami berjalan lancar dan aman. Kami terus berkoordinasi secara baik dengan stakeholder agar kualitas pelayanan dapat terjaga demi mendukung kelancaran pemberangkatan calon jamaah haji," ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Senin (29/7).

Adapun rincian keberangkatan total calon jamaah haji dari enam bandara embarkasi haji yang dikelola Angkasa Pura I yaitu di Bandara Juanda Surabaya akan diberangkatkan 36.674 calon jamaah haji dengan jumlah 83 Kloter, di Bandara Adi Soemarmo akan diberangkatkan 34.112 calon jamaah haji dengan jumlah 95 kloter, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan diberangkatkan 15.899 calon jamaah haji dengan jumlah 35 Kloter.

Lalu di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan diberangkatkan 5.973 calon jamaah haji dengan jumlah 13 Kloter, di Bandara Syamsudin Noor akan diberangkatkan 5.448 calon jamaah haji dengan jumlah 17 Kloter,  dan di Bandara Internasional Lombok akan diberangkatkan 4.476 calon jamaah haji dengan jumlah 10 Kloter. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement